English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 19 Desember 2013

Taper atau Tidak; the Fed Tidak Akan Mengakhiri QE


Ketika the Federal Reserve mengumumkan gerakan berikutnya pada hari Rabu, sebagian memperkirakan akan terjadi pengurangan dalam program pembelian obligasi bulanan $85 miliar, yang mentargetkan penghentian terhadap quantitative easing pada akhir dari 2014. Sebagian lagi memperkirakan the Fed mulai mengurangi programnya pada awal dari 2014, atau mengakhirinya pada 2015. Tetapi Marc Faber memiliki pandangan yang samasekali berbeda, sebagaimana yang di sebutkan dalam percakapan dengan Jackie De Angelis dari CNBC.
“The Fed tidak akan mengakhiri QE untuk kebaikan,” kata editor dan publisher dari Gloom, Boom & Doom ke CNBC. “Mereka akan terus melanjutkan karena program ini sekali diluncurkan, biasanya akan terus berjalan.”
Ekspektasi terhadap pertemuan the Fed tersebut bercampur aduk, tetapi lebih dari 50% dari Wall Street memperkirakan the Fed akan melakukan tapering terhadap program QE nya, kalau tidak pada bulan Desember maka pada bulan Januari, menurut survey dari CNBC. Dengan membaiknya data ekonomi banyak investor menebak bahwa the Fed tidak lagi memandang QE sebagai sesuatu yang vital seperti sebelumnya.
Tetapi Faber mengatakan waktu – waktu yang baik tidak akan bisa berlangsung terus selamanya.
“Pemulihan ekonomi, atau yang disebut sebagai recovery, pada bulan Juni tahun depan, akan menjadi pemulihan tahun yang kelima,” kata Faber. “Jadi pada tahapan tertentu ekonomi akan melemah lagi, dan pada saat itu, the Fed akan berkata, “ Baiklah kita belum cukup melakukannya, kita harus melakukan lebih lagi.”
“The Federal Reserve – semuanya – bisa duduk di drum dinamit dan lalu menuangkan minyak keatasnya dan kemudian menyalakan rokok dengan korek api, melemparkan korek api ke dalam minyak, dan tidak pernah merasakan ada bahaya di dalamnya,” kata Faber. “Itulah kondisi pikiran para professor di the Fed, yang tidak pernah melakukan pekerjaan sebagai businessman barang seharipun.”
Dan sementara Faber sesungguhnya percaya bahwa pengurangan di dalam QE bisa terjadi, dia tidak menganggap itu sebagai benar-benar suatu tapering, sebagaimana yang dia katakan hal itu akan tidak ada artinya apa-apa, hanya suatu tindakan satu kali yang pada akhirnya akan di putarbalikkan kembali begitu ekonomi memburuk lagi.
“Mereka bisa saja melakukan penyesuaian buatan, tetapi dalam pandangan saya, dalam beberapa tahun, pembelian assets akan menjadi jauh lebih besar daripada hari ini,” kata Faber. 
Sumber : Vibiznews

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800