English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 07 Agustus 2013

Replika Lukisan Mona Lisa Berukuran Sepertiga Lebar Rambut Manusia



Mona Lisa, lukisan terkenal karya Leonardo da Vinci mungkin akan segera dikirimkan ke bulan menggunakan sinar laser oleh NASA. Tapi sekarang Anda bisa melihat lebih dulu replika lukisan “Mini Lisa” yang tidak kalah uniknya.

Lukisan paling kecil di dunia “Mini Lisa” dibuat oleh sebuah tim peneliti dari Georgia Tech. Uniknya, replika lukisan Mona Lisa ini hanya berukuran 30-mikron atau sekitar sepertiga lebar rambut manusia. Tidak Percaya?

Lukisan Mona Lisa dengan ukuran 30-mikron ini dibuat melalui sebuah proses yang disebut ThermoChemical NanoLithography. Proses ini dilakukan dengan cara memanaskan kantilever atau sebuah perangkat yang ukurannya sangat kecil dan dapat menghantarkan panas secara akurat pada suatu permukaan. Dengan memanfaatkan induksi panas berbasis kimia ini, peneliti mulai melukis “Mini Lisa”. Semakin panas yang mereka terapkan, maka semakin membentuk warna abu-abu pada permukaan. Sederhananya, proses ini seperti sebuah piksel pada kamera.

Menariknya, proyek penelitian reaksi kimia yang dilakukan ini bukan sekedar menghadirkan karya replika Mona Lisa, tapi proyek ini selanjutnya diharapkan dapat diterapkan pada perangkat nano-technology.



Sumber : gopego

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800