Otosia.com - Kawasaki bisa dikatakan sebagai salah satu raja
pemasok moge dan sportbike dunia. Masih satu line-up dengan Z1000SX 2014
terbaru yang sedang dikabarkan kemunculan teasernya, Kawasaki Ninja
1000 pun sama tangguhnya.
Meski kemunculan Kawasaki Ninja 1000
atau juga dikenal dengan nama hanya Kawasaki 1000 model 2013 pada
kuartal awal tahun ini, sosoknya masih menjadi kekaguman bikers dunia
khususnya pecinta Kawasaki.
Sepintas kita akan sedikit bingung
membedakan antara Kawasaki Ninja 1000 dengan Kawasaki Z1000SX. Dari
beberapa sumber terpercaya menyebutkan bahwa keduanya merupakan produk
identik yang didasarkan pada basic mesin dan beberapa bodywork yang
memang sama.
Terlepas dari itu semua misteri kemunculan teaser
Z1000SX 2014 di media seakan-akan kembali mengusik rasa penasaran kita
pada saudara kembarnya yakni Kawasaki Ninja 1000 2013.
Sebagai
sosok supersport yang terlihat keren dan gahar, Kawasaki Ninja 1000 ini
pun beberapa waktu lalu dikabarkan akan juga mengaspal di Tanah Air.
berikut tujuh poin ketangguhan Kawasaki Ninja 1000 2013.
1. Mesin
Mesin Kawasaki Ninja 1000 2013 ini faktanya mirip dengan spesifikasi
mesin Z1000SX. Dengan mesin bongsor 1000cc, Kawasaki Ninja 1000 2013 ini
pantas saja banyak reviewer otomotif dunia memuja performa saat ia
dipacu.
Dengan struktur bodywork yang sangat detail memperhitungkan
aerodinamika, Kawasaki Ninja ini mampu menembus batas kenyamanan sebuah
motor sport bermesin besar.
Tarikan yang terasa responsif pada setiap tingkat putaran mesinnya
ternyata sumbangsih dari desain knalpot kembarnya. Serontak akselerasi
pun dapat dicapai dengan maksimal lantaran racikan rahasia mesin
4-silindernya.
Berikut detail spesifikasi mesin Kawasaki Ninja 1000 2013:
- Engine type : Liquid-cooled, 4-stroke In-Line Four
- Displacement : 1,043 cm3
- Bore x stroke : 77.0 x 56.0 mm
- Compression ratio : 11.8:1
- Valve/Induction system : DOHC, 16 valves
- Fuel system : Fuel injection, DFI with four 38mm Keihin throttle bodies, oval sub-throttles
- Ignition : TCBI with digital advance
- Transmission: Six-speed
- Power : 138 hp at 9,600 rpm
Mesin yang dirancang untuk memberikan tendangan tenaga pada range
rendah-menengah, menjadikan Kawasaki Ninja 1000 2013 ini memiliki daya
torsi puncak yang mengagumkan.
Menjadi khas hentakan torsi moge Kawasaki yang bermain di putaran
mesin 7000 rpm, Ninja 1000 menjadi salah satu moge sport yang
diperhitungkan di kancah otomotif dunia.
Kawasaki Ninja 1000 2013 ini memiliki data angka torsi puncak
mencapai 110 Nm pada 7,800 rpm. Dengan konfigurasi crankshaft serta
balancer andalan Kawasaki, mampu meningkatkan kestabilan dan performa
sehingga getaran mesin mampu diminimalisir dengan optimal.
3. Sistem Pendingin
Besarnya kinerja mesin bongsor Ninja 1000 dalam menunjukkan performa
gaharnya dapat ditunjang dari sistem pendingin udara yang maksimal
disamping part pendingin cairannya.
Berada di antara rangka balok, airbox mampu memberikan kontribusi
maksimal. Dengan desain moncong fairing yang aerodinamis, Ninja 1000 ini
tak mengalami kendala dalam menyalurkan udara panas dari mesin.
Sebuah resonator yang tertanam di dalam airbox menjadikannya faktor
terpenting dalam meredam kebisingan mesin pada rpm rendah sekaligus
meningkatkan asupan suara pada rpm tinggi.
4. Sistem Knalpot
Salah satu yang menjadi daya tarik dari Kawasaki Ninja 1000 2013 ini
yakni desain kanlpotnya yang terlihat sangat sporty. Dengan moncong yang
keluar dari sisi kanan dan kiri kolong mesin mengesankan keseimbangan
sempurna pada sosoknya.
Menggunakan sistem 4-into 2 (pre chamber)-into 2 dipercaya Kawasaki
sebagai penunjang ganasnya tenaga yang dihasilkan mesin 1000cc-nya.
Diakhiri dengan muffler quad-style berbobot masing-masing 3,5 kg yang
didesain sangat futuristik mampu menyerasikan desain sporty
bodywork-nya.
5. Rangka dan Suspensi
Menawarkan sensasi berkendara moge yang optimal, Ninja 1000 dibekali
dengan salah satu keunggulannya yakni bobot yang ringan. Rangka Ninja
yang berbahan aluminium yang kuat terakit dengan tingkat sentralisasi
massa yang tepat menjadikannya nyaman dikendarai.
Rangka aluminium berkonfigurasi twin-tube dan balok menjadi holder
kuat bongsornya mesin 1000cc. Hal inilah yang menjadikannya memiliki
keamanan serta kenyamanan saat dikendarai disamping aspek tingkat
ergonomi yang optimal. Sudut antara pijakan kaki, stang setir dan jok
menyajikan posisi berkendara khas supersport.
Untuk sektor belakang, Ninja 1000 ini dibekali dengan suspensi
horisontal dan model swing arm yang menawarkan kenyamanan saat dipacu
kencang maupun saat melibas tikungan.
6. Rem
Dibekali dengan perangkat rem berteknologi ABS memberikan faktor
keamanan yang tinggi pada Ninja 1000 2013 ini. Sedang untuk belakang,
Ninja ini dilengkapi dengan double disc-brake layaknya fitur pada
supersport kebanyakan lainnya.
Rem dengan desain radial ini menggunakan mounting yang terintegrasi pada
kedua bagian, atas dan bawah calliper dengan baut mounting dimasukkan
melalui belakang kaliper bukan dari samping maupun depan.
Hal ini menjadikan kaliper terpasang lebih kuat yang akan meningkatkan
kinerja rem secara optimal apalagi sudah dibekalinya Ninja ini dengan
teknologi ABS. Singkatnya performa garang mesin Ninja saat dipacu
seimbang dengan tingkat keamanan saat melakukan penghentian laju motor.
7. Kapasitas Tangki
Kapasitas tangki Kawasaki Ninja 1000 2013 ini adalah 19 liter
sehingga akan sangat cocok bagi Anda yang gemar melakukan kegiatan
turing.
Dengan desain tangki yang dinamis dan sporty berpadu serasi dengan
bodywork Ninja yang bergaya supersport ini. Desain yang mengusung
estetika dan nilai aerodinamika ini berkonstruksi baja yang dilengkapi
dengan penggunaan tas tangki magnet.
Sumber : Otosia
0 komentar :
Posting Komentar