English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 22 Agustus 2013

7 Ketangguhan Kawasaki Ninja 1000 2013





Otosia.com - Kawasaki bisa dikatakan sebagai salah satu raja pemasok moge dan sportbike dunia. Masih satu line-up dengan Z1000SX 2014 terbaru yang sedang dikabarkan kemunculan teasernya, Kawasaki Ninja 1000 pun sama tangguhnya.

Meski kemunculan Kawasaki Ninja 1000 atau juga dikenal dengan nama hanya Kawasaki 1000 model 2013 pada kuartal awal tahun ini, sosoknya masih menjadi kekaguman bikers dunia khususnya pecinta Kawasaki.

Sepintas kita akan sedikit bingung membedakan antara Kawasaki Ninja 1000 dengan Kawasaki Z1000SX. Dari beberapa sumber terpercaya menyebutkan bahwa keduanya merupakan produk identik yang didasarkan pada basic mesin dan beberapa bodywork yang memang sama.

Terlepas dari itu semua misteri kemunculan teaser Z1000SX 2014 di media seakan-akan kembali mengusik rasa penasaran kita pada saudara kembarnya yakni Kawasaki Ninja 1000 2013.

Sebagai sosok supersport yang terlihat keren dan gahar, Kawasaki Ninja 1000 ini pun beberapa waktu lalu dikabarkan akan juga mengaspal di Tanah Air. berikut tujuh poin ketangguhan Kawasaki Ninja 1000 2013.

1. Mesin

Mesin Kawasaki Ninja 1000 2013 ini faktanya mirip dengan spesifikasi mesin Z1000SX. Dengan mesin bongsor 1000cc, Kawasaki Ninja 1000 2013 ini pantas saja banyak reviewer otomotif dunia memuja performa saat ia dipacu.

Dengan struktur bodywork yang sangat detail memperhitungkan aerodinamika, Kawasaki Ninja ini mampu menembus batas kenyamanan sebuah motor sport bermesin besar.

Tarikan yang terasa responsif pada setiap tingkat putaran mesinnya ternyata sumbangsih dari desain knalpot kembarnya. Serontak akselerasi pun dapat dicapai dengan maksimal lantaran racikan rahasia mesin 4-silindernya.

Berikut detail spesifikasi mesin Kawasaki Ninja 1000 2013:
  • Engine type : Liquid-cooled, 4-stroke In-Line Four
  • Displacement : 1,043 cm3
  • Bore x stroke : 77.0 x 56.0 mm
  • Compression ratio : 11.8:1
  • Valve/Induction system : DOHC, 16 valves
  • Fuel system : Fuel injection, DFI with four 38mm Keihin throttle bodies, oval sub-throttles
  • Ignition : TCBI with digital advance
  • Transmission: Six-speed
  • Power : 138 hp at 9,600 rpm
2. Torsi

Mesin yang dirancang untuk memberikan tendangan tenaga pada range rendah-menengah, menjadikan Kawasaki Ninja 1000 2013 ini memiliki daya torsi puncak yang mengagumkan.

Menjadi khas hentakan torsi moge Kawasaki yang bermain di putaran mesin 7000 rpm, Ninja 1000 menjadi salah satu moge sport yang diperhitungkan di kancah otomotif dunia.

Kawasaki Ninja 1000 2013 ini memiliki data angka torsi puncak mencapai 110 Nm pada 7,800 rpm. Dengan konfigurasi crankshaft serta balancer andalan Kawasaki, mampu meningkatkan kestabilan dan performa sehingga getaran mesin mampu diminimalisir dengan optimal.

3.  Sistem Pendingin

Besarnya kinerja mesin bongsor Ninja 1000 dalam menunjukkan performa gaharnya dapat ditunjang dari sistem pendingin udara yang maksimal disamping part pendingin cairannya.

Berada di antara rangka balok, airbox mampu memberikan kontribusi maksimal. Dengan desain moncong fairing yang aerodinamis, Ninja 1000 ini tak mengalami kendala dalam menyalurkan udara panas dari mesin.

Sebuah resonator yang tertanam di dalam airbox menjadikannya faktor terpenting dalam meredam kebisingan mesin pada rpm rendah sekaligus meningkatkan asupan suara pada rpm tinggi.

4.  Sistem Knalpot

Salah satu yang menjadi daya tarik dari Kawasaki Ninja 1000 2013 ini yakni desain kanlpotnya yang terlihat sangat sporty. Dengan moncong yang keluar dari sisi kanan dan kiri kolong mesin mengesankan keseimbangan sempurna pada sosoknya.

Menggunakan sistem 4-into 2 (pre chamber)-into 2 dipercaya Kawasaki sebagai penunjang ganasnya tenaga yang dihasilkan mesin 1000cc-nya. Diakhiri dengan muffler quad-style berbobot masing-masing 3,5 kg yang didesain sangat futuristik mampu menyerasikan desain sporty bodywork-nya.

5. Rangka dan Suspensi

Menawarkan sensasi berkendara moge yang optimal, Ninja 1000 dibekali dengan salah satu keunggulannya yakni bobot yang ringan. Rangka Ninja yang berbahan aluminium yang kuat terakit dengan tingkat sentralisasi massa yang tepat menjadikannya nyaman dikendarai.

Rangka aluminium berkonfigurasi twin-tube dan balok menjadi holder kuat bongsornya mesin 1000cc. Hal inilah yang menjadikannya memiliki keamanan serta kenyamanan saat dikendarai disamping aspek tingkat ergonomi yang optimal. Sudut antara pijakan kaki, stang setir dan jok menyajikan posisi berkendara khas supersport.

Untuk sektor belakang, Ninja 1000 ini dibekali dengan suspensi horisontal dan model swing arm yang menawarkan kenyamanan saat dipacu kencang maupun saat melibas tikungan.

6. Rem

Dibekali dengan perangkat rem berteknologi ABS memberikan faktor keamanan yang tinggi pada Ninja 1000 2013 ini. Sedang untuk belakang, Ninja ini dilengkapi dengan double disc-brake layaknya fitur pada supersport kebanyakan lainnya.

Rem dengan desain radial ini menggunakan mounting yang terintegrasi pada kedua bagian, atas dan bawah calliper dengan baut mounting dimasukkan melalui belakang kaliper bukan dari samping maupun depan.

Hal ini menjadikan kaliper terpasang lebih kuat yang akan meningkatkan kinerja rem secara optimal apalagi sudah dibekalinya Ninja ini dengan teknologi ABS. Singkatnya performa garang mesin Ninja saat dipacu seimbang dengan tingkat keamanan saat melakukan penghentian laju motor.

7. Kapasitas Tangki

Kapasitas tangki Kawasaki Ninja 1000 2013 ini adalah 19 liter sehingga akan sangat cocok bagi Anda yang gemar melakukan kegiatan turing.

Dengan desain tangki yang dinamis dan sporty berpadu serasi dengan bodywork Ninja yang bergaya supersport ini. Desain yang mengusung estetika dan nilai aerodinamika ini berkonstruksi baja yang dilengkapi dengan penggunaan tas tangki magnet.




Sumber : Otosia

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800