English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jumat, 19 September 2014

Nikkei Kembali Mantap di Posisi Tertinggi dalam 8.5 Bulan


Pada perdagangan di bursa saham Jepang hari Jumat pagi ini kembali terjadi kenaikan yang membawa indeks Nikkei ke level paling tinggi sejak bulan Desember tahun 2013 lalu (19/9). Nikkei bergerak menguat untuk dua hari berturut-turut masih didukung oleh nilai tukar yen yang mengalami penurunan ke level terendah dalam 6 tahun terhadap dollar AS.

Sentiment positif muncul setelah bursa saham Wall Street kembali ditutup dengan membukukan rekor tertinggi dini hari tadi. Angka klaim pengangguran pekan lalu mengalami penurunan ke level paling rendah dalam dua bulan belakangan dan mendoron prospek membaiknya sektor tenaga kerja di negara tersebut.

Sementara itu bank sentral Tiongkok atau PBOC juga membawa kabar baik. Kemarin PBOC telah menurunkan suku bunga REPO 14 hari sebesar 20 bps menjadi 3.5 persen di tengah upaya untuk meringankan biaya pinjaman jangka pendek perbankan. PBOC juga diperkirakan akan menginjeksi likuiditas sebesar 1.3 miliar dollar ke pasar uang minggu ini.

Saham lapis biru menjadi factor utama yang mengangkat kinerja Nikkei pagi ini. Fast Retailing mengalami rally nyaris 3 persen. Saham Mitsubishi UFJ dan Sumitomo Mitsui Financial masing-masing mengalami kenaikan lebih dari 1 persen.

Hari ini indeks spot Nikkei melanjutkan kenaikan. Indeks spot Nikkei bergerak menguat sebesar 139.04 poin atau 0.87 persen di posisi 16206.61 poin.

Indeks berjangka Nikkei pagi ini dibuka pada posisi 16125 poin. Indeks berjangka turun tipis sebesar 5 poin dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini indeks berjangka Nikkei tampak berada di kisaran tertinggi sejak Desember 2013.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa saham pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami kenaikan terbatas. Indeks berjangka berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 16050 – 16250 poin.



Sumber : Vibiznews


Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN 
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800