English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 02 Desember 2013

America’s Role as Consumer of Last Resort Goes Missing

 
Belum lama ini, sebelum krisis keuangan dan resesi global itu dipicu , ekonom disebut Amerika sebagai konsumen terakhir. Ketika AS tumbuh pada kecepatan yang sehat , warganya adalah pembeli , memicu permintaan untuk barang-barang China dan negara-negara lainnya yang dihasilkan . Mereka terus bersenandung ekonomi dunia .

Ini mungkin tidak bekerja seperti itu lagi , majalah Bloomberg Markets akan melaporkan dalam edisi Januari nya . Sebuah rebound AS memberikan dukungan kurang untuk pertumbuhan global daripada di masa lalu . Homegrown permintaan dan produksi adalah driver yang lebih penting dari ekonomi terbesar dunia daripada mereka satu dekade yang lalu .
Terkecil Defisit neraca pembayaran AS sejak tahun 1999 menunjukkan tren , dan penemuan sumber-sumber domestik baru minyak dan gas memperkuat itu . Eksplorasi dan produksi menambah pertumbuhan , dan negara ini menghabiskan kurang pada energi impor . Bahan bakar yang lebih murah dan bahan baku meningkatkan manufaktur juga, membuat lebih dari pesaing untuk berkembang - pasar negara dan kurang dapat diandalkan konsumen barang-barang mereka di AS .

" Pertumbuhan global perlahan-lahan menjadi lebih dari sebuah zero-sum game , " kata Manoj Pradhan , muncul - pasar ekonom di Morgan Stanley di London dan mantan pejabat Dana Moneter Internasional . " AS Pertumbuhan tidak kembali kepada model pra - krisis , yang menciptakan angkat untuk orang lain . "

Sebuah pikap 1 persen pertumbuhan ekonomi AS biasanya mendorong ekspansi di tempat lain sebesar 0,4 persentase poin , menurut Gustavo Reis , ekonom internasional senior di Bank of America Merrill Lynch . Sekarang , ia menghitung , keuntungan untuk negara-negara lain bergerak menuju 0,3 persen poin, menambahkan $ 48000000000 ke seluruh ekonomi dunia bukan $ 64000000000 .
kurang Oomph

" Ekonomi AS yang lebih kuat adalah bagian penting dari harapan kami untuk pertumbuhan global yang lebih sehat , tetapi keuletan ke seluruh dunia mungkin akan agak kurang daripada di masa lalu , " kata Reis .

AS kemungkinan akan tumbuh 2,6 persen pada 2014 dan 3 persen pada tahun 2015 , menurut perkiraan median ekonom yang disurvei oleh Bloomberg News , naik dari perkiraan 1,7 persen pada 2013 . Jika itu tidak akan memicu pertumbuhan di tempat lain di dunia, investor mungkin akan mendukung dolar dan saham negara berkembang lebih dari muncul - pasar mata uang dan aset .

Itulah apa yang telah terjadi pada tahun 2013 . The Rand Afrika Selatan kehilangan 17 persen terhadap dolar tahun - to-date , pada 27 November , sedangkan real Brasil turun 11 persen . 500 Index Standard & Poor perusahaan besar AS kembali 29 persen melalui 27 November dibandingkan dengan kerugian sebesar 2,2 persen untuk MSCI Emerging Markets Index of 818 saham berkembang dunia .
Membalikkan Trend

Penguatan ekonomi AS dan melemahnya di Cina , India , Brazil dan tempat lain membalikkan tren yang berbentuk pertumbuhan global sejak 2008 . Pasar negara berkembang bernasib lebih baik dari AS dan Eropa selama resesi global yang diikuti pembekuan pasar kredit dan bangkrutnya Lehman Brothers Holdings Inc Sekarang , kilau mereka meredup .

Pada Oktober , IMF memperkirakan negara berkembang di dunia akan tumbuh 4,5 persen pada 2013 , laju paling lambat sejak 2009 dan jauh di bawah rata-rata dalam dekade terakhir . Seperti baru-baru Juli, IMF memprediksi pertumbuhan persen untuk kelompok 5 pada tahun 2013 .

Ancaman khusus untuk pasar negara berkembang - dan hasilnya tidak membantu lain dari rebound di AS - adalah penarikan tertunda dari Federal Reserve stimulus moneter . Langkah pertama kemungkinan akan menjadi lonjong dari $ 85 miliar pembelian aset bulanan yang telah membantu mempertahankan suku bunga rendah . Itu akan dimulai pada bulan Maret , menurut perkiraan median ekonom yang disurvei oleh Bloomberg News pada awal November . Kebijakan Fed Lebih - pelit dapat menghilangkan pasar negara berkembang modal dan meningkatkan biaya pinjaman mereka .
Badai global

" Apakah kita khawatir ? Tentu saja, " kata Reserve Bank of India Gubernur Raghuram Rajan pada pertemuan tahunan IMF di Washington pada bulan Oktober . " Semua orang khawatir tentang badai global. "

Sebuah gladi resik untuk apa yang mungkin terjadi ketika Fed menarik kembali dukungannya terjadi di musim panas , bahkan ketika saran bahwa lonjong akan dimulai segera memicu aksi jual obligasi dan mata uang dari Brasil ke India . " Ada ketegangan transisi , " kata Menteri Keuangan Korea Selatan Hyun Seok Oh dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg News , juga selama pertemuan IMF . Dia mendesak Fed untuk bergerak hati-hati .

Pada pertemuan September mereka , pembuat kebijakan Fed mengejutkan ekonom dan investor dengan menjaga pembelian aset pada $ 85 miliar per bulan . Sekarang mungkin akan jatuh ke Janet Yellen , calon Presiden Barack Obama untuk berhasil Ben S. Bernanke sebagai ketua saat masa jabatannya berakhir pada 31 Januari , untuk bernegosiasi keluar Fed dari dukungan moneter yang luar biasa .
Keadaan tertentu

Investasi di pasar negara berkembang di seluruh papan , daripada memilih negara-negara tertentu , seringkali adalah strategi menang dalam dekade terakhir . Sekarang , investor mungkin perlu lebih cerdas . Rajan , seorang professor dari Universitas Chicago sebelum mengambil kebijakan posting di India , mengatakan investor biasanya tidak cukup memperhatikan keadaan khusus ekonomi individu selama periode stres . " Masalah pasar negara berkembang memiliki saat-saat seperti ini adalah mendapatkan cerita , kebenaran , tentang fundamental keluar , " katanya .

Michael Shaoul , ketua Marketfield Asset Management LLC di New York , mengatakan beberapa negara berkembang - pasar akan melihat arus keluar modal lebih lanjut dalam beberapa bulan mendatang . Investor memisahkan negara baik dari yang buruk , katanya . " Saya tidak berpikir pasar beruang di pasar negara berkembang telah dipercaya , " kata Shaoul . Perusahaannya , yang mengawasi sekitar $ 17 miliar , yang taruhan terhadap saham dan obligasi dari Brazil dan India , antara lain .
Arus modal

Modal swasta mengalir ke pasar negara berkembang akan menurun ke $ 1 triliun pada 2014 dari $ 1,2 triliun pada 2012, menurut perkiraan Oktober oleh Institute of International Finance , sebuah kelompok industri yang berbasis di Washington yang mewakili bank-bank global.

Data perdagangan membantu menjelaskan pergeseran yang membatasi efek rebound AS pada pertumbuhan global . Impor Amerika barang dan jasa nonpetroleum naik menjadi sekitar 12 persen dari produk domestik bruto pada tahun 2000 , dari sekitar 7 persen pada tahun 1994 , dan mencapai puncaknya sekitar 14 persen pada tahun 2007 , menurut Steven Englander , kepala Citigroup Inc ' s Group 10 strategi mata uang di New York . Impor telah datar sebagai bagian dari PDB sejak saat itu , tanda bahwa pickup lokal akan memiliki sedikit dorongan internasional .

Defisit current account , yang mencerminkan kelebihan impor atas ekspor , telah menyempit . Ini adalah 2,5 persen dari PDB pada kuartal kedua dibandingkan dengan hampir 6 persen pada kuartal ketiga 2006 . Terakhir kali itu serendah sekarang adalah pada tahun 1999 , ketika AS berada di tengah-tengah tren 15 - tahun defisit semakin besar .
Ekspor China

Seberang lautan dan di sisi lain dari persamaan perdagangan , ekspor China secara tak terduga jatuh pada bulan September setelah memiliki tahun- tahun keuntungan dari 10 persen menjadi 25 persen dalam empat bulan pertama tahun 2013 . Dengan penurunan yang terjadi di Korea Selatan dan Taiwan pada bulan September juga, mesin pertumbuhan dipimpin ekspor Asia mungkin sputtering . Presiden China Xi Jinping sedang mencoba untuk memacu permintaan domestik atas investasi lebih lanjut dalam infrastruktur dan di pabrik-pabrik yang memenuhi permintaan luar negeri .

Pergeseran dalam hubungan antara pasar negara maju dan berkembang bukan hanya fenomena AS . 17 negara yang berbagi euro telah membual surplus current account sejak awal 2012 . Kecenderungan itu mencerminkan bukan hanya kekuatan ekspor Jerman , tetapi juga penurunan permintaan bahwa anggota zona euro lainnya telah mengalami orgasme kebijakan penghematan dimaksudkan untuk mengatasi krisis utang . Jepang juga berusaha untuk mendorong produsen untuk menghasilkan lebih banyak di rumah , melalui yen lebih murah , suku bunga rendah dan reformasi struktural .
pertumbuhan Komponen

Konsumsi yang menguntungkan produsen asing satu dekade yang lalu adalah komponen kurang penting dari pertumbuhan AS saat ini, menurut Bank of America Reis . Sementara konsumsi akan naik 2,2 persen pada tahun 2014 , naik dari keuntungan sebesar 1,8 persen pada tahun 2013 , ia memprediksi , pengemudi akan melompat 18 persen dalam investasi properti . Pengeluaran tersebut tetap sebagian besar di rumah , dengan sedikit spillover luar negeri .

Ekspansi alasan lain di AS tidak mendorong sebanyak pertumbuhan global adalah bahwa itu adalah bagian yang lebih kecil dari perekonomian dunia . Amerika menyumbang 22 persen dari PDB seluruh dunia pada tahun 2013 , turun dari 31 persen pada tahun 2000 , menurut data IMF . Bagian China tiga kali lipat selama periode yang sama , 12 persen aktivitas global.
energi Boom

AS telah menguasai lebih dari pasokan energi , berkat adopsi hidrolik - rekah dan horisontal pengeboran teknik yang telah membuka deposito minyak dan gas baru yang luas di South Dakota , Pennsylvania , Texas dan di tempat lain . Sekitar 7,3 juta barel minyak per hari yang diproduksi di Amerika Serikat rata-rata selama delapan bulan pertama 2013, menurut Administrasi Informasi Energi . Itu peningkatan yang luar biasa dalam waktu singkat - melompat 46 persen dari 5 juta barel per hari pada tahun 2008 - dan merupakan kenaikan terbesar sejak multiyear produksi minyak negara itu mencapai puncaknya pada tahun 1970 .

AS dapat meningkatkan neraca perdagangan sebesar lebih dari $ 164.000.000.000 per tahun pada tahun 2020 karena menurunnya kebutuhan untuk impor energi dan daya saing yang berkembang untuk berbasis industri yang intensif energi , menurut perusahaan riset IHS Inc di Lexington , Massachusetts . Itu setara dengan sekitar sepertiga dari gap current account saat ini.

Kabar baik bagi ekonomi AS tidak semua berita buruk bagi pasar negara berkembang , menurut Christof Ruehl , kepala ekonom di BP Plc , perusahaan minyak terbesar kedua di Eropa . Dia melihat energi dan manufaktur tren membawa perbaikan yang signifikan dalam neraca transaksi berjalan AS dan memperbaiki beberapa ketidakseimbangan di dunia , yang merupakan sesuatu ekonom anggap penting . " Ini akan memiliki saldo besar pembayaran efek dalam mendukung AS dan akan pergi jauh dalam menyeimbangkan ekonomi global , " kata Ruehl .
mengoreksi Ketidakseimbangan

Ketidakseimbangan perdagangan - surplus bagi eksportir seperti China dan Jerman dan defisit anggaran di kalangan importir bersih seperti AS - membuat resesi global lebih buruk pada tahun 2009 . Negara-negara yang mendorong permintaan , khususnya AS , tetapi juga beberapa negara Eropa , akan lebih dalam dan lebih dalam utang , dan sesuatu harus memberikan . Pertumbuhan di dunia saat ini , sejauh tidak memperburuk atau bahkan menyembuhkan ketidakseimbangan ini , mungkin lebih berkelanjutan .

Rekan Reis David Woo , kepala Bank Amerika suku dan penelitian mata uang , mengatakan perbaikan dalam ketidakseimbangan fiskal dan perdagangan membuat AS ekonomi industri yang paling - perbaikan dari 2013.
manufaktur Keuntungan

Pemulihan manufaktur AS sedang didorong tidak hanya oleh energi yang lebih murah tetapi juga oleh biaya tenaga kerja lebih rendah . Citigroup memprediksi pembalikan dari penurunan 50 - tahun dalam pangsa manufaktur terhadap PDB , dibantu oleh upah pekerja yang lebih kompetitif . Perusahaan bahkan menarik kembali produksi dari China dan pasar negara berkembang lainnya . Lima puluh empat persen dari produsen dengan penjualan mencapai $ 1 miliar adalah berencana untuk membawa kembali garis pabrik dari Cina atau akan mempertimbangkan hal itu , naik dari 37 persen pada Februari 2012, Boston Consulting Group mengatakan pada 24 September , mengutip survei dari 200 berbasis eksekutif .

Jika pertumbuhan di AS tidak lagi menciptakan ledakan di bagian lain dunia , itu tetap merupakan unsur penting dalam ekonomi global yang sehat . Mohamed El - Erian , CEO Pacific Investment Management Co , mengatakan jika AS bisa memecat dirinya sendiri , setelah diperbaiki neraca bank dan setelah mulai memanfaatkan tumpukan kas perusahaan , itu akan menjadi bersih positif bagi dunia . " Jika Anda bisa mendapatkan pertumbuhan endogen , Anda tidak perlu mencurinya dari tempat lain , " kata El - Erian .

Keuntungan dalam ekuitas AS , dibantu oleh pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan , juga memperbaiki kondisi keuangan global , kata Andrew Kenningham , ekonom pada Capital Economics Ltd di London . Naiknya saham meningkatkan kepercayaan konsumen dan bisnis , katanya . "AS menjadi kurang dominan , tapi masih pemain utama , " katanya .
Kepemimpinan AS

AS telah memberikan dorongan untuk pertumbuhan di seluruh dunia di setiap pemulihan selama 40 tahun terakhir, menurut Stephen L. Jen dan Fatih Yilmaz dari SLJ Macro Partners LLP , sebuah perusahaan hedge-fund yang berbasis di London . Pada tahun 1999 , misalnya , AS menyumbang 48 persen dari ekspansi ekonomi global setelah krisis keuangan Asia , menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg . AS akan memimpin jalan lagi karena inovasi dan keunggulan teknologi , Jen dan Yilmaz menyimpulkan dalam laporan Oktober untuk investor mereka .

Sebuah ekonomi AS dengan kurang nafsu makan untuk produk pasar negara berkembang dan energi impor belum mungkin memiliki kekuatan untuk menggerakkan ekonomi global - memberikan dorongan yang kurang kuat tetapi juga tidak membuang dunia kehilangan keseimbangan .
 
 
Sumber : Bloomberg

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800