English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 04 September 2013

Mencicipi Keunikan Sate Klopo Ondomohen “Ibu Asih” – Surabaya

Sate Ayam, Sate Sapi, ataupun Sate Kambing pasti sudah biasa bagi anda, tapi pernahkah anda mencoba Sate Klopo atau Sate Kelapa? Kuliner unik ini bisa anda jumpai di Surabaya, tepatnya di Warung Sate Klopo Ondomohen “Ibu Asih” yang berlokasi di ujung Gang Ondomohen Magersari II, Jalan Wali Kota Mustajab. Mendengar nama Sate Klopo, yang langsung terbayang adalah potongan-potongan daging buah kelapa yang dirangkai dengan tusukan sate dan dibakar layaknya sate pada umumnya. Meski namanya Sate Klopo, bahan yang digunakan sebenarnya tidaklah murni dari daging buah kelapa. Sate Klopo memadukan daging sapi/ayam dengan parutan kelapa.

Sate daging sapi/ayam dibalut dengan parutan kelapa yang sudah dibumbui, kemudian dibakar di atas bara api. Aroma harum yang ditimbulkan benar-benar menggugah selera. Untuk penyajiannya, Sate Klopo dipadukan dengan bumbu kacang yang rasanya manis-gurih. Di dalamnya disertakan pula beberapa cabe rawit utuh dan rajangan bawang merah untuk memperkaya rasa. Ketika disantap, parutan kelapa yang membalut daging memberikan tendangan rasa gurih yang intens di lidah dan menciptakan sensasi rasa yang tak bakal ditemukan di jenis sate biasa. Dagingnya yang empuk menandakan bahwa sate ini memang diolah dengan prima. Aroma harum kelapa tak henti-hentinya melintas di hidung ketika melahap Sate Klopo ini tusuk demi tusuk. Kian menambah semangat untuk menghabiskan seporsi Sate Klopo Ondomohen yang menawan.

Sate Klopo Ondomohen sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat yang di sampingnya diberi taburan serundeng kelapa. Cara makannya tergantung selera anda. Agar nasi terasa gurih waktu dimakan, serundeng kelapa bisa diaduk terlebih dulu dengan nasi hingga tercampur sempurna. Andapun bisa menyantapnya dengan cara mencocolkan nasi ke serundeng kelapa sendok demi sendok. Warung ini juga menyediakan lontong sebagai pendamping makan Sate Klopo.

Menu sate di warung ini terbilang cukup variatif.  Selain daging sapi dan ayam, anda bisa memilih bahan lain untuk dijadikan Sate Klopo, seperti misalnya: sumsum, gajih atau lemak, otot, dan usus. Meskipun penggemarnya banyak, Warung Sate Klopo Ondomohen “Ibu Asih” tetap belum membuka cabang di tempat lain. Jam bukanya cukup panjang, dari pagi hingga malam.


Jam Buka: pagi – malam
Lokasi: Jl. Walikota Mustajab No. 36, Surabaya – Jawa Timur. Ujung Gang Ondomohen Magersari II
 
Sumber : kabar kuliner

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800