English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 14 September 2016

Kebiasaan Buruk yang Bikin Aki Motor Cepat Soak

Kebiasaan Buruk yang Bikin Aki Motor Cepat Soak

PT. Rifan Financindo Berjangka, Aki merupakan perangkat vital pada sepeda motor, apalagi sepeda motor yang sudah berteknologi injeksi bahan bakar. Umur aki dipengaruhi juga oleh kebiasaan pemilik motor.

Menurut Agus Gumilar salah satu mekanik di bengkel AHASS Pahala Motor, Sukapura, Jakarta Utara, usia sebuah aki tergantung juga pada penggunaan motornya. Dia menyebut, ada aki yang baru enam bulan sudah soak. Itu dikarenakan 'kebiasaan buruk' penggunanya.

"Jadi tergantung pemakaian juga. Makanya konsumen suka ada yang komplain, kok motor baru akinya udah mati," kata Agus kepada detikOto, di bengkel AHASS Pahala Motor, Sukapura, Jakarta Utara, Rabu (22/6/2016).

Biasanya, kata Agus, aki yang cepat mati disebabkan oleh penggunaan starter elektrik saat lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL) masih menyala. MIL adalah lampu indikator yang ada di cluster meter dan biasanya berwarna kuning. Biasanya ketika kunci kontak diposisikan ke 'ON', lampu MIL akan menyala, dan beberapa saat kemudian mati lagi jika kondisinya normal.

"Kalau kedipannya belum mati, motor langsung di-start (dinyalakan mesinnya), itu ngaruh juga," sebut Agus.

Sebab, lanjut dia, posisi bensin belum stabil pada saat lampu MIL menyala. Jadi, kalau motor mau di-starter, tunggu lampu MIL mati lebih dulu, baru nyalakan mesin.

"Kalau lampu MIL masih nyala, dia kan bensin masih di jalan. Begitu di-start dia langsung kaget. Jadi ngambil arus setrum aki. Kadang-kadang kan orang alasannya buru-buru lah, terus enggak sempat segala macam ini, itu. Ya akibatnya ke motor juga," kata Agus. (rgr/ddn) PT. Rifan Financindo Berjangka.


Sumber : Detik Oto

1 komentar :

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800