English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jumat, 02 September 2016

Boneka-Boneka Bernuansa Mistis Asli Indonesia Part 2

Jailangkung


PT. Rifan Financindo Berjangka, Misteri mengenai boneka yang penuh dengan unsur mistis tidak bisa dilepaskan dari jailangkung. Boneka yang dibuat dari gayung air (dari tempurung kelapa) ini sangat populer karena beberapa kali pernah difilmkan. Mitos mengenai jailangkung berasal dari kebudayaan masyarakat tionghoa yang sering memainkan permainan memanggil arwah yang ditempatkan dalam sebuah boneka keranjang yang kemudian dinamakan dengan Cay Lan Gong. Sahabat anehdidunia.com permainan Cay Lan Gong tersebut kemudian diadaptasi oleh masyarakat asli Indonesia menjadi permainan yang kini disebut dengan Jailangkung.


Boneka Jailangkung kemudian dibuat dari gayung air (dari tempurung kelapa) dan diberi perlengkapan seperti pakaian. Di salah satu ujungnya kemudian ditambahkan alat tulis seperti kapur atau pensil. Untuk membuat Jailangkung tersebut bergerak harus dilakukan ritual pemanggilan arwah terlebih dahulu. Diiringi dengan acara pembakaran kemenyan atau dupa dan pembacaan mantra ”jelangkung jelangsat, Di sini ada pesta, Pesta kecil-kecilan, Jelangkung jelangsat, Datang tidak diundang, Pergi tidak diantar”, konon boneka jailangkung tersebut akan dapat bergerak sendiri dan mampu menjawab pertanyaan kita dengan cara menuliskan jawaban pada media kertas atau papan tulis.


Walaupun pada awalnya jailangkung hanya sebagai permainan, kemudian karena hubungannya dengan roh-roh halus, permainan ini menjadi penuh dengan mitos-mitos yang mengiringinya. Banyak cerita tentang orang-orang yang kesurupan setelah memainkan permainan ini. Hal ini diyakini karena arwah yang dipanggil tersebut marah dan merasuki orang yang memanggilnya.

Nini Thowong



Nini Thowong merupakan sebuah hiburan tradisional masyarakat Jawa yang sangat unik karena tidak ditemukan di daerah lain. Selain itu Nini Thowong sarat dengan unsur seni, tradisi dan mistis yang tinggi. Nini Thowong merupakan boneka perempuan yang menurut cerita adalah saudara perempuan dari jailangkung. Mengapa dinamakan Nini Thowong? Karena mukanya putih (thowong). Disebut "Nini", karena jenis kelaminnya perempuan. Konon, dulu ada seorang gadis, yang perangainya jahat. Dia disihir oleh tetangganya, jadilah Nini Thowong. Kebudayaan yang dimiliki setiap suku bangsa di Indonesia mempunyai corak yang berbeda-beda. Perbedaan itu disebabkan adanya pengaruh lingkungan alam di sekitar masyarakat suku bangsa itu bertempat tinggal.


Sebagai contoh permainan tradisional yaitu Nini Thowong. Permainan ini berasal dari Gurdo, Panjangrejo, Pundong, Bantul. Nini Thowong adalah nama permainan berupa boneka dari tempurung kelapa, rangka bambu dan diberi pakaian seperti orang. Permainan Nini Thowong berfungsi sosial dan religius magis. Berfungsi sosial karena mampu mengumpulkan anak-anak desa bermain bersama. Berfungsi religius magis karena ada semacam kepercayaan bahwa Nini Thowong yang sudah kemasukan roh halus bisa menunjukkan obat bagi yang sakit, dan bila dituruti si sakit dapat sembuh. Permainan Nini Thowong ini menyebar dari mulut ke mulut. Nini thowong merupakan kesenian nenek moyang zaman dahulu yang dimainkan pada waktu senggang. Bentuk nini thowong tersusun dari siwur (gayung dari batok), enjet, angus (arang) untuk menggambar wajah.


Bahan-bahan tersebut disusun menyerupai bentuk manusia lalu dipakaikan kebaya, sarung dan diberi daun-daun yang berasal dari kuburan. Setelah siap, boneka tersebut dibawa ke pohon besar yang angker dan diberi sesajen yang bertujuan untuk memanggil dan agar kemasukan arwah. Pada zaman dahulu, Nini tThowong dimainkan pada saat mongso ketigo (musim kemarau) di bawah bulan purnama. Tetapi pada zaman sekarang Nini Thowong dimainkan pada saat acara-acara tertentu dan pada malam minggu.  Bentuk mukanya juga telah dimodifikasi dengan gabungan antara topeng dan siwur (gayung). Nini Thowong dimainkan oleh perempuan, sedangkan yang membawa dan mengangkut dari tempat kediamannya adalah seorang laki-laki.


Permainan ini tidak memiliki tujuan tertentu baik itu ritual maupun semacamnya. Pada saat memainkan boneka Nini Thowong ini tidak diperlukan sesajen, hanya mengalungkan bunga telon.  Permainan ini diiringi oleh gejug lesung dan gamelan mega mendung. Pada zaman dulu diiringi tembang tetapi sekarang diiringi lagu Perahu Layar. Jika Nini Thowong pada jaman dahulu merupakan sebuah budaya animisme yang ketika memainkan Nini Thowong ini mempunyai suatu maksud tertentu, saat ini Nini Thowong hanya merupakan sebuah pementasan yang bertujuan untuk menghibur tanpa mempunyai maksud magis apapun (misal upacara pemanggilan hujan atau ritual pengobatan).PT. Rifan Financindo Berjangka.


Sumber : Aneh Di Dunia

2 komentar :

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800