English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 01 Oktober 2014

Bursa Tiongkok dan Hong Kong Mulai Libur Panjang; Asia Ketar-ketir

Pada perdagangan hari ini pergerakan bursa saham Asia melemah di tengah sesi yang sepi (1/10). Volume perdagangan bursa saham Asia hari ini lebih rendah dari biasanya karena bursa saham Shanghai dan Hong Kong libur.

Bursa saham Hong Kong akan libur hingga hari Jumat dan kembali dibuka pada hari Senin pekan depan. Sementara itu bursa saham Shanghai akan mengalami liburan yang lebih panjang hingga tanggal 7 Oktober mendatang.

Data PMI manufaktur resmi dari pemerintah Tiongkok yang dirilis pagi ini menunjukkan bahwa pada bulan September ekspansi aktivitas manufaktur berada dalam kecepatan yang sama dengan ekspansi di bulan Agustus. PMI berada di level 51.1 poin, sama dengan PMI manufaktur resmi di bulan Agustus.

Data ini mengonfirmasi data PMI final dari HSBC yang lebih dulu dirilis. Data dari HSBC yang dirilis kemarin menunjukkan PMI manufaktur berada di level 50.2 poin, juga sama dengan level yang dicapai untuk bulan Agustus.

Pasar bersikap hati-hati di tengah kekhawatiran bahwa aksi demonstrasi pro-demokrasi di Hong Kong akan kembali menemukan momentumnya dengan memanfaatkan hari libur panjang. Pada hari kelima demonstrasi hari ini kampanye masa telah menyebar ke distrik belanja Hong Kong Tsim Sha Tsui dan terus mengganggu kegiatan bisnis di kota tersebut.

Pada penutupan perdagangan terakhir di bulan September kemarin indeks hang seng di bursa Hong Kong mengalami penurunan tajam sebesar 1.28 persen. Sementara itu indeks komposit Shanghai di bursa Tiongkok ditutup dengan bukukan peningkatan sebesar 0.26 persen.


Sumber : Vibiznews

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800