English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 07 Januari 2014

Soros: Cina Resiko No 1 Bagi Ekonomi Dunia


Jangan kuatir terlalu banyak mengenai AS dan Eropa, kata George Soros.
Ketidak pastian utama yang dihadapi dunia sekarang ini adalah Cina, tulis investor miliarder ini di dalam kolom untuk website Project Syndicate. Dia berkata:”Ada kontradiksi di dalam dirinya sendiri yang tidak terselesaikan di dalam kebijaksanaan Cina saat ini: memulai proses pembakaran juga menaikkan pertumbuhan hutang secara eksponensial, yang tidak bisa bertahan lebih lama lagi dalam beberapa tahun yang akan datang.”
The People’s Bank of China bergerak untuk mengekang hutang di tahun 2012, tetapi kemudian negara dengan ekonomi nomor dua terbesar di dunia ini mengalami “tekanan yang riil”, tulis Soros. Maka Partai Komunis Cina menyatakan ulang supremasinya dengan mengorder pabrik besi baja untuk memulai pembakaran mereka dan para banker untuk melonggarkan kredit mereka.
Ekonomi Cina mengalami perputaran, dan pemimpin partai juga mengumumkan reformasi utama di bulan November. “Perkembangan ini sebagian besar memberikan hasil bagi perbaikan baru-baru ini di outlook global,” kata Soros.
Tapi apa yang akan terjadi selanjutnya? Orang Amerika-Hongaria yang berusia 83 tahun ini melihat ada dua kemungkinan:
“Suatu transisi yang berhasil di Cina akan kemungkinan besar mengikuti reformasi ekonomi dan politik, sementara kegagalan akan bisa meruntuhkan kepercayaan yang masih disebarkan keseluruh dunia di dalam kepemimpinan politik dinegara ini, yang akan mengakibatkan represi di dalam negara dan konfrontasi militer di luarnegeri.”
Melampaui apa yang ada di Cina, Soros berargumen bahwa kurangnya pemerintahan global yang sehat adalah “persoalan yang belum terselesaikan lainnya.” Hal ini bisa berlanjut tanpa batas, sementara teka-teki mengenai Cina akan datang dalam beberapa tahun yang akan datang, “ katanya.
Mengenai AS, Soros kelihatannya tidak berpikir terlalu negatip, menunjuk kepada hal-hal seperti booming energi, berkurangnya polarisasi politik baru-baru ini, dan perbaikan di sektor perbankan dan perumahan.
Mengenai Eropa, dia berkata, kebangunan ancaman dari Rusia bisa memutar balikkan trend disintegrasi Eropa yang terus melanda belakangan ini.


Sumber : Vibiznews

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800