English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 19 Mei 2016

Lelah Kerja? 8 Peregangan Ini Bisa Dilakukan Di Depan Komputer



PT. Rifan Financindo Berjangka, Bagi kamu pekerja kantoran yang seharian penuh bekerja duduk di depan komputer pasti tahu dong apa risikonya duduk lama tanpa melakukan aktivitas? Banyak penelitian membuktikan bahwa kurangnya aktivitas fisik karena terlalu lama duduk atau berdiam diri membuatmu rentan terserang berbagai penyakit serius.

Lalu bagaimana mengatasinya, padahal itu adalah tuntutan pekerjaan/ Tenang, ada banyak cara menjaga kesehatan selain makan buah dan sayur. Untuk menyiasati kurangnya olahraga atau aktivitas fisik karena terlalu lama duduk, kamu bisa melakukan berbagai peregangan sederhana saat lelah bekerja, seperti beberapa contoh gerakan berikut ini.


copyright by healthline.comcopyright by healthline.com


1. Tarik tangan di belakang kepala
Perlahan tekuk lenganmu di belakang kepala seperti gerakan ini. Lakukan bergantian kanan kiri hingga ototmu merasa tertarik dengan baik dan merasa lenganmu tak lelah lagi.

2. Menekuk tubuh
Dengan tetap duduk, tarik kedua tanganmu lurus ke bawah dan angkat kedua kaki ke atas seakan kamu menekuk tubuh menjadi dua. Tarik hingga punggungmu terasa lebih fleksibel dan tidak kaku. Lakukan selama 20 detik lalu kembali ke posisi tegak.

3. Angkat lutut
Latihan ketiga juga simpel, angkat sebelah kakimu hingga perut dan tahan hingga kurang lebih 10 detik, lakukan dengan kaki satunya. Ulangi gerakan sambil memutar pergelangan kaki ke kanan dan kiri hingga kakimu tak terasa kaku.

4. Setengah selonjor
Tetap di kursimu, tarik kedua tanganmu sejajar dengan kepala, lalu tarik tubuhmu ke depan ke arah komputer untuk meregangkan otot lengan dan punggung. Tarik tanganmu ke atas, atau ulangi lagi.


copyright by healthline.comcopyright by healthline.com

5. Angkat tangan
Gerakan ini cukup simpel dan mengingatkan waktu sekolah dulu. Angkat tangan kanan sambil tubuh condong ke kanan dan lakukan hal yang sama dengan tangan kiri. Jika memungkinkan, lakukan lagi dengan kedua tangan ke kanan dan kiri.

6. Angkat bahu
Angkat dan turunkan bahu berkali-kali, lalu putar bahu ke depan dan ke belakang. Ulangi beberapa kali hingga bahumu tak terasa kaku dan tubuh segar. Sesekali ikuti dengan mendongak ke atas, ke samping dan ke bawah.

7. Tarik lengan ke belakang
Tarik kedua lenganmu di belakang tubuh hingga punggung menekuk. Tahan beberapa detik dan kembali ke posisi semula. Lakukan saat bahu dan punggungmu mulai pegal.

8. Putar tubuh
Putar tubuhmu ke samping kanan dan kiri. Tahan sejenak lalu putar ke sisi lain. Cukup efektif meregangkan tubuh yang lelah dan kaku. Boleh dilakukan beberapa kali hingga merasa ringan.



Itu dia beberapa gerakan yang bisa kamu lakukan selagi kerja di depan komputer. Gampang banget kan? Peregangan ini membantu mengurangi rasa capek saat bekerja lho. Coba saja.



Sumber : Vemale

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800