English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 18 Mei 2016

Ini Alasan Air Hujan Tak Terasa Asin

Ini Alasan Air Hujan Tak Terasa Asin

PT. Rifan Financindo Berjangka, Hujan terbentuk karena penguapan air yang ada di Bumi. Seperti diketahui, kumpulan air paling besar di Bumi berada di samudera. Jika air di laut terasa asin, lalu kenapa air hujan tidak?

Seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (18/5/2016), Matahari memancarkan energi ke permukaan Bumi termasuk permukaan laut, dan setiap meter persegi mendapat energi rata-rata sekira 1 kilowatt, sehingga 1.000 joule per detik. Hal ini memberikan energi untuk partikel air di laut dan jelas melarutkan beberapa ion seperti, natrium dan klorida yang menyebabnya laut asin.

Meski molekul air lengket dan tetap berpegang pada molekul air lain karena mereka molekul dipol, sinar Matahari dapat mematahkan ikatan molekul air tersebut, menahannya di dalam air, dan dapat melarikan diri sebagai uap air. Dari sini, uap air menuju atmosfer Bumi dengan membawa kandungan beberapa zat terlarutnya.

Sementara itu, garam yang memiliki massa jenis lebih berat tetap bertahan di laut. Banyaknya konsentrasi garam di laut terus terlarut dengan datangnya hujan atau air dari sungai, namun jumlahnya tidak sanggup membuat air laut menjadi lebih tawar.

Di sisi lain, air yang kita minum tidak terasa asin karena mereka sudah mengalami proses pelapukan saat meresap di dalam tanah atau penyaringan di mana rasa asin dari mineral garam terlalu rendah konsentrasinya di dalam air.
(kem)


Sumber : Okezone

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800