English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 18 Maret 2015

Menunggu Pengumuman The Fed, Bursa Asia Tak Banyak Bergerak

Bursa Saham Asia
PT. Rifan Financindo Berjangka, Sydney - Indeks patokan Asia tak banyak bergerak pada pembukaan pagi ini. Sebagian besar pelaku pasar menunggu pengumuman Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) mengenai penilaian terhadap pertumbuhan ekonomi yang bisa mendorong kenaikan suku bunga.

Mengutip Bloomberg, Rabu (18/3/2015), indeks MSCI Asia Pasifik turun kurang dari 0,1 persen menjadi 144,80 pada pukul 09.00 waktu Tokyo, Jepang. Analis AMP Capital Investors Ltd, Shane Oliver mengungkapkan, kemungkinan besar Janet Yellen akan menghilangkan kata sabar (be patient) dalam pernyataannya nanti.

"Pasar sedikit gugup menjelang pengumuman tersebut," jelasnya. Banyak yang memperkirakan bahwa kenaikan suku bunga akan dilakukan pada Juni, tetapi ada juga yang memperkirakan bahwa kenaikan akan dilakukan pada bulan September. Namun Oliver sendiri memperkirakan kenaikan suku bunga bisa dilakukan lebih cepat.

Hampir 90 persen ekonom yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan bahwa pejabat The Fed akan menghilangkan kata  sabar dalam pernyataannya yang akan diumumkan paling cepat nanti malam.

Sebesar 45 persen ekonom memperkirakan bahwa kenaikan suku bunga akan dilakukan pada Juni mendatang. Selain itu, ada juga yang memperkirakan bahwa September adalah waktu yang tepat bagi The Fed menaikkan suku bunganya. Porsinya mencapai 49 persen.

Indeks Topix Jepang naik 0,1 persen. Data menunjukkan bahwa ekspor negara tersebut pada bulan Februari kemarin naik lebih baik dari yang diperkirakan oleh para ekonomi.

Gerak bursa Asia pada pagi ini berbeda dengan pembukaan sehari sebelumnya. Kemarin, bursa saham Asia menguat didorong kenaikan bursa saham Amerika Serikat (AS). Ada harapan data ekonomi yang melemah dari perkiraan mendorong bank sentral Amerika Serikat bersikap hati-hati. (Gdn)

Sumber : Liputan 6

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800