English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 25 Juli 2013

Harga Emas Bullish Ditengah Konsolidasi Minyak

(Vibiznews - Commodity) - Sampai dengan pertengahan perdagangan pekan ini, harga minyak mentah dan emas terpantau mengalami kondisi yang mixed. Harga minyak mentah yang pekan lalu stabil di tren bullish dan sempat menyentuh level tertinggi dalam 16 bulan terakhir, kini justru mengalami koreksi tipis. Berbeda dengan minyak, emas justru menunjukan tren bullish dan menyentuh level tertinggi sejak 20 Juni lalu. Kini kita simak beberapa faktor fundamental yang mempengaruhi pergerakan minyak mentah dan emas :

1. Naiknya data indeks manufaktur Amerika Serikat untuk bulan Juni sebesar 7,3 poin. Sentimen fundamental ini merupakan salah satu yang menyebabkan kenaikan harga minyak mentah di akhir perdagangan pekan lalu. Sentimen tersebut memberikan sebuah ekspektasi positif bagi sektor riil yang diharapkan mengalami kenaikan performa pada tahun ini.

2. Dukungan Bernanke terhadap kebijakan stimulus ekonomi. Setelah rapat Fed yang dilangsungkan pada pertengahan pekan lalu. Gubernur Fed, Ben Bernanke menyatakan bahwa pihak akan tetap menganggap bahwa kebijakan stimulus merupakan salah satu kebijakan yang dapat mendorong performa ekonomi dalam jangka pendek.

3. Turunnya data penjualan rumah AS sebesar 60 ribu unit. Data tersebut yang menjadi faktor penurunan harga minyak mentah dan mendorong kenaikan emas akibat melemahnya nilai tukar dollar terhadap mata uang mayoritas.

4. Penurunan PMI manufaktur China bulan Juni sebesar 0,5 poin. Selain penurunan penjualan rumah AS, turunnya PMI manufaktur juga merupakan penyebab pelemahan harga minyak mentah di awal pekan ini.

Sumber : vibiznews

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800