English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jumat, 16 Maret 2018

Bursa Asia Melemah Dibayangi Kondisi Politik AS




Rifanfinancindo - Bursa Asia melemah dibayangi kekhawatiran tentang langkah penyelidikan (AS) terhadap Organisasi milik Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Investor juga sedang diliputi kekhawatiran bahwa tarif impor yang diberlakukan dapat melukai ekonomi global dan memicu perang dagang.

Melansir laman Reuters, Jumat (16/3/2018), indeks MSCI saham Asia-Pasifik di luar Jepang tergelincir 0,2 persen pada awal perdagangan. Sementara indeks Nikkei Jepang turun 0,3 persen.

Baca juga :

Sebelumnya,  Wall Street ditutup bervariasi dengan indeks S&P 500 berakhir sedikit lebih rendah 0,08 persen. Ini menandai penurunan empat hari beruntun pertama di tahun 2018.

Indeks S&P jatuh setelah rilisnya laporan New York Times jika Penasihat Khusus Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) Robert Mueller telah mengeluarkan surat perintah untuk meminta dokumen yang berkaitan dengan bisnis Presiden Donald Trump di AS.

Hal itu menambah ketidakpastian politik AS, menyusul kepergian dua pejabat yakni mantan Sekretaris Negara Rex Tillerson dan penasihat ekonomi utama Gary Cohn, dari Pemerintahan Trump.

Di sisi lain, pada awal pekan ini  Trump berusaha menerapkan tarif impor emas China senilai USD 60 miliar yang memperkuat kekhawatiran investor bahwa pemerintah semakin condong ke arah proteksionisme.

"Tampaknya bagi Trump, hanya kebijakan 'America First' yang tersisa untuk meningkatkan popularitasnya dan untuk terpilih kembali," kata Hiroko Iwaki, Ali Strategi Senior di Mizuho Securities.

"Sulit untuk mengharapkan ketidakpastian politik akan segera hilang. Itu akan mendukung obligasi," dia menambahkan.

Ketidakpastian politik tidak hanya terjadi di Amerika Serikat. Di Jepang, Perdana Menteri Shinzo Abe mendapat tekanan atas kecurigaan adanya penutupan penjualan tanah yang kontroversial oleh pemerintah. Rifanfinancindo.


Liputan 6

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800