English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 08 Juli 2014

Inilah 5 Makanan yang Dianjurkan Saat Bersantap Sahur

Inilah 5 Makanan yang Dianjurkan Saat Bersantap Sahur 

Menahan haus dan lapar adalah salah satu godaan yang harus ditahan bagi siapapun yang menjalani puasa di bulan Ramadhan ini. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan betul apa saja yang harus dikonsumsi saat bersantap sahur yang tentu saja harus memenuhi kandungan vitamin, mineral, protein, serat, dan kandungan lainnya.

Yuk intip apa saja makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat bersantap sahur, seperti dilansir detikhealth:
1. Air Lemon
Berdasarkan pakar food combining Erikar Lebang dalam bukunya 'Food Combining di Bulan Ramadhan', meminum segelas air hangat yang diberi sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis saat sahur baik untuk tubuh. Gunanya sebagai tonik untuk liver yang telah bekerja semalaman sebagai katalisator serap saat tidur.

2. Buah-buahan
Buah-buahan sangat kaya akan vitamin dan mineral dan memiliki efek 'listrik' yang berfungsi mengubah cadangan makanan sebagai sumber energi serta membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Disarankan untuk mengonsumsi tiga porsi buah seperti melon, jeruk atau pir paling tidak 15 menit sebelum makan nasi.

3. Karbohidrat Kompleks
 
Karbohidrat kompleks bisa meningkatkan gula darah secara perlahan sehingga tubuh tidak kaget atau shock. Karbohidrat kompleks juga lebih lama dicerna tubuh sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Jenis karbohidrat ini bisa didapat dari nasi merah, sayuran dan umbi-umbian.

4. Air Putih
Dibandingkan dengan teh manis, saat sahur lebih sehat meminum air putih untuk menyediakan cadangan cairan selama berpuasa.

5. Suplemen Makanan
 
Jika kamu akan beraktivitas lebih banyak dari biasanya, disarankan untuk mengonsumsi suplemen makanan sebagai tambahan energi. Pilih suplemen yang lengkap kandungan vitamin, mineral dan omega-3 agar energi tetap terjaga hingga menjelang buka puasa.


Sumber : Dreamers Radio

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800