English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 05 Juli 2018

Bursa Asia Berakhir Negatif Terganjal Perang Dagang AS-China





Rifan Financindo - Bursa Saham Asia ditutup di wilayah negatif pada hari Rabu sore (04/07), dengan pasar China gagal mempertahankan kenaikan di sesi terakhir karena kekuatiran perang perdagangan menjelang tenggat waktu AS memberlakukan tarifnya terhadap barang-barang China pada 6 Juli ini.


Di Jepang, indeks Nikkei 225 turun 0,31 persen, atau 68,50 poin, menjadi ditutup pada 21.717,04, membukukan penurunan sesi ketiga berturut-turut. Sektor peralatan listrik berada di antara kinerja terburuk, meluncur 1,9 persen pada akhir hari. Saham industri semikonduktor juga tenggelam, dengan Tokyo Electron turun 4,44 persen, sementara saham utilitas dan saham pertambangan naik.
Indeks Saham Korea Selatan gagal mempertahankan kenaikan awal, dengan penutupan Kospi lebih rendah sebesar 0,32 persen pada 2.265,46.

Di Australia, indeks ASX 200 turun tipis 0,43 persen menjadi berakhir pada 6.183,40 karena sebagian besar sektor ditutup lebih rendah.

Baca juga :

Indeks Hang Seng Hong Kong turun 1,06 persen pada 28241.67, memperpanjang kerugian sesi sebelumnya, dengan penurunan terberat terlihat di sektor energi dan real estat.

Di Tiongkok, indeks komposit Shanghai jatuh 0,94 persen menjadi ditutup pada 2,760.59 setelah mencatat kenaikan terlambat di sesi perdagangan sebelumnya. Indeks Komposit Shenzhen yang lebih kecil mengalami penurunan lebih berat, menutup 1,96 persen.

Kekhawatiran investor atas perdagangan telah meningkat minggu ini karena mereka menunggu tarif AS $ 34 miliar dalam produk China, yang ditetapkan untuk dikenakan pada hari Jumat. Pemerintah China telah mengumumkan tarifnya sendiri yang akan menargetkan nilai yang sama dari barang-barang AS.

Selain Tiongkok, AS juga terlibat dalam sengketa dengan beberapa mitra dagang lainnya, termasuk Kanada, Meksiko, dan Uni Eropa. Negara-negara telah mulai memaksakan atau akan mulai mengenakan tarif pada barang-barang AS setelah berada di ujung penerimaan keputusan pemerintah Trump untuk mengenakan tarif impor baja dan aluminium.

Sentimen investor telah goyah di tengah ketidakpastian seputar kebijakan perdagangan AS yang mengarah ke batas waktu 6 Juli, dengan komposit Shanghai dan komposit Shenzhen di wilayah pasar bearish, mengacu pada kerugian setidaknya 20 persen dari tertinggi 52 minggu.

Sektor Teknologi melemah, dengan semikonduktor memimpin pergerakan lebih rendah. Pembuat semikonduktor berbasis di Idaho Micron menyelesaikan sesi turun 5,5 persen setelah turun sebanyak 8 persen. Langkah-langkah itu datang karena pengadilan China melarang penjualan chip Micron di pasar lokal, Bloomberg melaporkan, mengutip pernyataan dari United Microelectronics Taiwan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Asia masih akan bergerak lemah dipengaruhi perkembangan pengenaan tarif AS terhadap barang-barang China pada 6 Juli ini. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street, yang jika melemah, akan semakin menekan bursa Asia. Rifan Financindo.


Sumber : Vibiznews

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800