Jakarta - Honda beberapa hari lalu merilis angka konsumsi mobil Honda Jazz yang cukup mencengangkan yakni 36,4 km per liter berdasarkan perhitungan internal mereka.
Rahasianya seperti dikutip dari siaran pers Honda, Kamis (25/7/2013) adalah ada pada mesin baru Sport Hybrid i-DCD (Intelligent Dual Clutch Drive).
Mesin baru ini merupakan hasil pengembangan terbaru dari Earth Dreams Technology Honda.
Sport Hybrid i-DCD dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan hingga lebih dari 35% dibandingkan dengan sistem hybrid IMA yang selama ini dipasang pada mobil hybrid Honda.
Mesin ini juga berukuran lebih kecil dan lebih ringan dengan sistem hybrid satu motor yang diperuntukkan untuk mesin mobil kendaraan berukuran kecil.
Meskipun mesin ini hanya menggunakan sistem hibrida satu motor, namun EV drive dapat memisahkan pengendalian mesin dan juga motor.
Mesin ini mengadopsi sistem 4-silinder segaris dengan 1.5 liter yang menerapkan siklus Atkinson (siklus rasio dengan ekspansi tinggi).
Sport Hybrid i-DCD terdiri dari 7 percepatan DCT (Dual Clutch Transmission) dengan sistem built-in high-motor pada outputnya, dan IPU (Intelligent Power Unit) yang dilengkapi dengan baterai built-in lithium-ion.
Selain itu juga mengadopsi electric servo brake system yang meningkatkan efisiensi listrik secara regeneratif dan kompresor listrik yang berguna untuk mengurangi beban pada mesin.
Sport Hybrid i-DCD terintegrasi dengan 3-mode driving system yang dapat mengaktifkan atau menonaktifkan mesin dan motor tergantung situasi pada saat mengemudi.
Mode pengendaraannya ada 3 yakni EV drive dimana hanya tenaga motor yang bekerja, Hybrid Drive Mode dimana tenaga motor dan mesin bekerja bersamaan, dan Engine Drive Mode hanya tenaga mesin yang bekerja.
Rahasianya seperti dikutip dari siaran pers Honda, Kamis (25/7/2013) adalah ada pada mesin baru Sport Hybrid i-DCD (Intelligent Dual Clutch Drive).
Mesin baru ini merupakan hasil pengembangan terbaru dari Earth Dreams Technology Honda.
Sport Hybrid i-DCD dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan hingga lebih dari 35% dibandingkan dengan sistem hybrid IMA yang selama ini dipasang pada mobil hybrid Honda.
Mesin ini juga berukuran lebih kecil dan lebih ringan dengan sistem hybrid satu motor yang diperuntukkan untuk mesin mobil kendaraan berukuran kecil.
Meskipun mesin ini hanya menggunakan sistem hibrida satu motor, namun EV drive dapat memisahkan pengendalian mesin dan juga motor.
Mesin ini mengadopsi sistem 4-silinder segaris dengan 1.5 liter yang menerapkan siklus Atkinson (siklus rasio dengan ekspansi tinggi).
Sport Hybrid i-DCD terdiri dari 7 percepatan DCT (Dual Clutch Transmission) dengan sistem built-in high-motor pada outputnya, dan IPU (Intelligent Power Unit) yang dilengkapi dengan baterai built-in lithium-ion.
Selain itu juga mengadopsi electric servo brake system yang meningkatkan efisiensi listrik secara regeneratif dan kompresor listrik yang berguna untuk mengurangi beban pada mesin.
Sport Hybrid i-DCD terintegrasi dengan 3-mode driving system yang dapat mengaktifkan atau menonaktifkan mesin dan motor tergantung situasi pada saat mengemudi.
Mode pengendaraannya ada 3 yakni EV drive dimana hanya tenaga motor yang bekerja, Hybrid Drive Mode dimana tenaga motor dan mesin bekerja bersamaan, dan Engine Drive Mode hanya tenaga mesin yang bekerja.
Sumber : Detik Oto