English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 04 Juni 2018

Bursa Asia Menguat Tipis Terpicu Laporan Data Pekerjaan AS


Rifanfinancindo - Bursa Asia menguat tipis pada perdagangan di awal pekan ini, terpicu laporan data pekerjaan AS yang menguat mengimbangi kekhawatiran bahwa perang tarif antara Amerika Serikat dan negara-negara lain di dunia dapat menyeret pertumbuhan ekonomi global menjadi lebih rendah.

Melansir laman Reuters, Senin (4/6/2018), indeks MSCI saham Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,3 persen. Sementara indeks Nikkei Jepang menguat 1,0 persen.

Di akhir pekan lalu, Wall Street menguat dipicu lonjakan saham teknologi AS, mendorong Nasdaq Composite naik 1,51 persen menjadi 7.554, mendekati rekor penutupan tertinggi 7.588 pada bulan Maret.

Baca juga :

Pasar di Asia kali ini, antara lain dipengaruhi para pemimpin keuangan sekutu terdekat Amerika Serikat yang melampiaskan kemarahannya terkait pengenaan tarif impor logam oleh Presiden Donald Trump. Negara-negara tersebut menyiapkan pertempuran melawan AS pada KTT G7 yang rencananya berlangsung pekan depan di Quebec.

Enam negara anggota G7 mengeluarkan pernyataan yang meminta Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin untuk menyampaikan keprihatinan dan kekecewaan mereka tentang pengenaan tarif kepada Presiden Donald Trump.

"KTT G7 akhir pekan ini bisa tampak mengerikan. Bahkan ada pembicaraan bahwa Trump tidak boleh datang. Kekhawatiran tentang gesekan perdagangan kemungkinan akan terus membebani pasar,  kata Norihiro Fujito, Ahli Strategi Investasi Senior Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities.
Namun, perekonomian AS tidak dapat disangkal menguat saat ini. Data pemerintah menunjukkan pertumbuhan pekerjaan AS pada Mei dan tingkat pengangguran turun ke terendah 18 tahun dari posisi 3,8 persen. Ini menunjukkan kondisi pasar kerja yang bergerak cepat, yang berdampak ke inflasi.

Laporan ketenagakerjaan yang menguat juga diikuti serangkaian data ekonomi yang optimis, termasuk belanja konsumen, produksi industri dan belanja konstruksi. Rifanfinancindo.


Sumber : Liputan 6

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800