English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 28 Juni 2018

Bursa Asia Negatif Terpengaruh Kemerosotan Pasar Tiongkok


Rifan Financindo - Bursa Saham Asia ditutup lebih rendah pada hari Rabu (27/06), dipimpin oleh penurunan di pasar China karena investor mencerna pergerakan yuan yang lebih rendah di tengah kekhawatiran perdagangan.

Indeks Nikkei 225 tergelincir 0,31 persen, atau 70,23 poin, menjadi ditutup pada 22.271,77, dengan bank dan pembuat mobil di wilayah negatif. Namun sektor energi,naik menyusul kenaikan harga minyak, tetapi saham pengirim dan transportasi udara menurun.

Di Seoul, indeks Kospi ditutup lebih rendah sebesar 0,38 persen pada 2.343,03 karena kenaikan saham teknologi blue chip gagal menopang indeks yang lebih luas di tengah penurunan di sektor lain, termasuk saham produsen mobil dan manufaktur. Saham kapital besar Samsung Electronics dan SK Hynix melonjak masing-masing 2,02 persen dan 1,07 persen, sementara Posco turun 3,22 persen.

Baca juga :

Pasar di China merosot. Indeks Komposit Shanghai turun 1,11 persen menjadi ditutup pada 2.812,87 dan indeks komposit Shenzhen yang lebih kecil kehilangan 1,29 persen. Indeks Shanghai memulai hari sudah di wilayah pasar bearish, mengacu pada penurunan setidaknya 20 persen dari tertinggi baru-baru ini. Indeks blue chip CSI 300,  jatuh 2,05 persen pada hari itu.

Indeks Hang Seng Hong Kong berakhir turun 1,82 persen pada 28356.26, karena semua sektor kecuali energi menurun sebelum pasar tutup.

Indeks ASX 200 sedikit berubah, dengan indeks ditutup lebih rendah dengan 0,03 persen pada 6,195.90. Subindex sektor energi naik 1,24 persen karena produsen minyak naik, dengan Woodside Petroleum menambahkan 1,39 persen dan Santos naik 2,17 persen. Namun, keuntungan keseluruhan dibatasi karena saham perbankan dan telekomunikasi melemah.

Penurunan pada sesi perdagangan Asia terjadi meskipun keuntungan tipis di Wall Street, dengan pergerakan lebih tinggi dalam saham energi berkontribusi terhadap kenaikan di sana.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan pada hari Senin bahwa laporan Wall Street Journal tentang pembatasan investasi China dalam teknologi AS adalah “berita palsu,” tetapi menambahkan bahwa langkah-langkah tersebut akan berlaku untuk “semua negara” bukan hanya China saja. Meskipun demikian, penasihat ekonomi Gedung Putih Peter Navarro mengatakan kepada CNBC bahwa ada “tidak ada rencana” untuk mengekang investasi asing.

Ketidakpastian kebijakan perdagangan, serta peningkatan retorika dalam perdagangan AS dengan China dalam beberapa pekan terakhir, telah membebani sentimen pasar di pasar Asia.

Penurunan di China pada Rabu mengabaikan kenaikan lanjutan dalam minyak setelah harga melonjak semalam. Berkontribusi terhadap keuntungan minyak adalah pengumuman Departemen Luar Negeri AS bahwa perusahaan yang membeli minyak Iran akan dikenakan sanksi jika mereka tidak sepenuhnya memangkas impor tersebut pada bulan November.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS naik 0,51 persen untuk diperdagangkan pada $ 70,89 per barel setelah melintasi level $ 70 untuk pertama kalinya dalam dua bulan semalam. Minyak mentah Brent berjangka naik 0,8 persen diperdagangkan pada $ 76,92.

Sementara itu, yuan memperpanjang penurunan ke level terendah enam bulan pada hari Rabu. Yuan onshore diperdagangkan di 6,5930 terhadap dolar. Bank Rakyat China telah menetapkan titik tengah resmi di 6,5569 per dolar sebelum pasar dibuka. Bank sentral memungkinkan kurs spot yuan untuk naik dan turun maksimal 2 persen terhadap dolar relatif terhadap tingkat penetapan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Asia selanjutnya akan mencermati pergerakan bursa Wall Street, yang akan mencermati perkembangan ketegangan perang dagang AS dengan China. Rifanfinancindo.


Sumber : Vemale

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800