English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 06 Januari 2014

Fakta Unik di Balik Kemegahan Menara Eiffel

 
Menara Eiffel, banyak wisatawan dunia bermimpi untuk melihatnya dari dekat. Ikon Kota Paris memiliki sejuta pesona, juga fakta unik di balik kemegahannya.
Apakah Anda tahu fakta-fakta menarik di balik Menara Eiffel? Simak ulasannya di bawah ini:
Perayaan seabad Revolusi Prancis

Menara Eiffel dibangun sebagai pintu masuk Pameran Universelle pada 1889 yang menandai perayaan 100 tahun Revolusi Prancis. Hal ini dilakukan sebagai simbol prestasi di bidang sains dan teknik. Dari sejumlah desain yang diajukan, ternyata karya Alexandre Gustave Eiffel yang menang.
Dibangunnlah Menara Eiffel sesuai dengan desain yang telah ia rancang. Namun, desain tersebut merupakan struktur sementara dengan izin hanya sekira 20 tahunan, seperti dilansir Buzzle.
Setelah itu, menara akan dibongkar. Namun, hal tersebut urung dilaksanakan karena Menara Eiffel juga difungsikan sebagai menara telekomunikasi di Paris. Kalau tidak, pastilah menara ini sudah lenyap.
Menara Eiffel tertinggi di dunia

Ketika secara resmi dibuka pada 1889, menara ini merupakan menara tertinggi di dunia. Namun pada 1930, dikutip Oddstuffmagazine, ada sebuah gedung pencakar langit lebih tinggi 18 meter dari Eiffel dan banyak lagi bangunan tertinggi di seluruh dunia yang berhasil mengalahkannya. Tak lama, ketinggian Eiffel ditambah 24 meter dan kini menjadi bangunan tertinggi kelima di Prancis.
Beratnya hingga 7.300 ton
Sebanyak 9.441 ton besi tempa digunakan untuk membangun menara ini. Konstruksinya sendiri dimulai pada 28 Januari 1887 dan selesai pada 1889.
Alexandre Gustave Eiffel sebelum membuat kerangka menara ini juga telah membuat kerangka internal Patung Liberty pada 1885. Dia merupakan seorang kontraktor juga arsitek terkenal di masanya, seperti dilansir Buzzle.
Berat menara secara keseluruhan adalah 7.300 ton. Dengan sendirinya, berat tersebut naik menjadi 10.100 ton ketika pondasi beton disertakan.
1.710 langkah menara hingga tingkat ketiga
Menara Eiffel memiliki total 1.710 langkah yang harus ditempuh dan dihitung dari tanah untuk sampai ke tingkat tiganya. Anda harus mendaki sebanyak 674 langkah ke tingkat kedua dan 347 langkah ke tingkat ketiga.
Meski tersedia lift di menara ini, ini hanya dapat mengantarkan Anda sampai tingkat kedua. Tingkat ketiga bisa diakses menggunakan tangga jalan,
Apakah salah seorang yang bermimpi ke Paris dan melihat dari dekat Menara Eiffel? Sebelum benar-benar mewujudkannya, yuk kenali menara cantik ini.
Simak beberapa fakta unik tentang Menara Eiffel, berikut ini:
Menara dicat khusus
Menara Eiffel diberi lapisan cat setiap tujuh tahun untuk melindunginya. Dibutuhkan 15 bulan untuk proses pengecatan sampai selesai, seperti dikutip USAtoday. Menara dicat tiga warna. Warna gelap digunakan di dasar bangunan dan terang digunakan di bagian atas. Menara ini ditutupi sekira 60 ton cat untuk melindunginya dari korosi.
Kepemilikan Menara Eiffel
Kepemilikan memang sepenuhnya Pemerintah Kota Paris. Namun, sebuah kontrak terbaru mengatakan bahwa perusahan bernama Societe d' Exploitation de la Tour Eiffel ikut andil di dalamnya. Sementara, di sisi menara tepat di bawah platform pertama terdapat 72 nama ilmuwan Prancis dan para tokoh terkenal lainnya di kedelapan belas sisinya.
Akan bergoyang pada cuaca cerah
Saat cuaca cerah, yang jarang terlihat saat ini, Anda dapat melihat sekira 42 kilometer dari puncak Menara Eiffel. Menara ini akan bergoyang hingga 15 cm pada puncaknya. Hal ini lah yang menjadi alasan jutaan wisatawan mengunjungi landmark Kota Paris tersebut. Sekira6 juta pengunjung datang setiap tahunnya, seperti dilansir Buzzle.
Aktifitas lain di menara
Seorang pemberani dari seluruh dunia atau para pendaki pernah melakukan bungee jumping serta terjun payung di menara ini. Tak hanya itu, yang paling ekstrem lainnya adalah menggunakan menara ini sebagai tempat bunuh diri. Karena ketinggiannya, seperti dikutip Buzzle, menara ini memiliki catatan jumlah tertinggi untuk bunuh diri daripada landmark Prancis lainnya.
 
 
Sumber : Okezone

1 komentar :

  1. terimakasih infonya, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2QT64Kk

    BalasHapus

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800