English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 25 Mei 2015

Wah, Factory Reset Ternyata tak Sepenuhnya Hapus Semua Data Pribadi di Smartphone

PT. rifan Financindo Berjangka, Fitur factory reset yang dipunyai oleh sebuah tablet ataupun smartphone difungsikan untuk mengembalikan perangkat seperti pada pengaturan default dari pabrik. Namun pada kenyataannya, para peneliti menemukan kalau factory reset ternyata tak menghapus semua data pribadi yang tersimpan pada ponsel atau tablet.

kredit: filehippo

Peneliti dari Universitas Cambridge menemukan kalau seorang hacker bisa saja memanen data dari sebuah ponsel yang telah di-factory reset-kan. Mereka mengungkapkan kalau terdapat dekripsi kunci yang dipakai untuk menyimpan file dan tidak akan terhapus meski handphone sudah direset ke pengaturan pabrik.

Dengan mengakses ke file tersembunyi itu, seorang hacker pun bisa memaksakan untuk mengakses file-file yang sebelumnya tersimpan di ponsel. Dalam penelitian yang mereka lakukan, para peneliti itupun berhasil memperoleh berbagai jenis data yang sebelumnya telah dihapus melalui factory reset. Baik itu foto, video, sms dan lain-lain. Bahkan mereka juga bisa melakukan sinkronisasi ponsel dengan akun Google pemilik ponsel sebelumnya.

Namun yang perlu ketahui, celah factory reset ini dijumpai oleh para peneliti untuk perangkat Android. Namun tak menutup kemungkinan kalau perangkat lain juga mempunyai permasalahan serupa.


Sumber : Berita Teknologi

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800