English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 20 Januari 2020

Arah EUR/USD Minggu Ini: Ketidakpastian Ditengah Harapan Pertumbuhan AS



Rifan Financindo - Pemain pasar enggan membeli “greenback”, namun dolar AS mengakhiri minggu dengan keuntungan terhadap sebagian besar dari rival utamanya. Pasangan matauang EUR/USD mencapai puncaknya di 1.1172, namun sekarang diperdagangkan dekat 1.1090, dengan data Amerika yang bagus membebani lebih daripada minat terhadap resiko.

Event yang paling relevan pada minggu yang lalu adalah upacara penandatanganan fase satu dari kesepakatan perdagangan antara AS dengan Cina. Pasar sedikit kecewa karena di dalamnya tidak dimasukkan dimundurkannya tarif, sesuatu yang dipercaya pasar sebagai hal penting untuk mendorong naik pertumbuhan ekonomi global. Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa di dalam kesepakatan itu Cina akan membelanjakan $75 miliar untuk impor manufaktur, $50 miliar untuk impor energi, $50 miliar untuk impor agrikultur dan $40-50 miliar untuk impor jasa dari Amerika Serikat. Sementara Cina mengklarifikasikan bahwa itu akan banyak tergantung kepada diperolehnya harga yang komptetif. Berarti, sementara kesepakatan ini memberikan semangat, namun kurang dari yang diperkirakan. Pasar saat ini sedang memerlukan kepastian dan ini tidak diperoleh baik di dalam perang dagang maupun di dalam Brexit.


Baca Juga :

Minat terhadap resiko mendorong Wall Street naik dan membuat dolar AS tertahan sampai hari Kamis ketika Amerika Serikat merilis data penjualan ritel bulan Desember. Judul umum muncul sesuai dengan yang diperkirakan pasar namun angka sub-komponen lebih bagus daripada yang diperkirakan, memicu pemulihan dolar AS yang berlangsung sampai hari Jumat. Jelas sekali data ekonomi AS terus menunjukkan bahwa ekonomi AS sedang dalam keadaan yang baik dan lebih bagus daripada rekan perdagangan utama.

Minggu ini akan dimulai dengan liburan di AS sekalipun penuh dengan data yang relevan. Pada hari Selasa, Jerman akan merilis ZEW Survey of Economic Sentiment untuk bulan Januari, yang turun dari puncaknya di bulan Desember. Pada hari Kamis ECB akan mengumumkan keputusannya yang terakhir mengenai kebijakan moneter, sementara AS akan merilis Consumer Confidence.

EUR/USD tidak memberikan tanda-tanda akan pulih dari hilangnya pijakan. Support terdekat menanti di 1.1070 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0980 dan kemudian 1.0900. Sedangkan “resistance” terdekat berada pada 1.1125 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1161 dan kemudian 1.1216. Rifan Financindo.


Sumber : Vibiznews

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800