Assalamu’alaikum wR wB
Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan
Dalam
artikelnya Mas Taufik memperoleh data waktu dan topspeed YZF R15 dengan
menggunakan alat racelogic performance box, juga harus menunggu jalanan
umum lengang serta dengan mengorbankan waktu, tenaga serta bensin (juga
resiko), terimakasih mas Taufik atas pengorbanannya.
Dan hasil
inipun bervariasi, terlihat dari banyaknya data yang dikumpulkan untuk
mendapatkan data pada topspeed 60 kpj. Data ini juga sifat relatif,
yaitu tergantung :
- Bobot rider
- Kemampuan shifting gear
- Kualitas jalan aspal
- Penggunaan jenis bensin
- Panjang lintasan
- Kondisi angin
- dan lain-lain
Yang
jelas jika variabel2 tersebut berbeda, bisa dipastikan hasilnya
berbeda. Dengan kondisi yang sama sekalipun (pengujian yang di lakukan
Mas Taufik, yang ber-ulang2) hasilnya tidak sama, apalagi jika
variabelnya berbeda. Misalnya jika yang ngetes Eko Chodox tentunya
hasilnya akan lain, apalagi kalau kita2 yang ngetes pasti jauh lebih
rendah performanya.
Oleh karena itu ane mencoba menampilkan waktu
dan topspeed yzf r15 versi motogokil, berdasarkan spek engine, dimenasi
(berat motor) dan hasil pengukuran dyno (sementara disamakan dengan
NVL).
Berikut hasilnya…
Sesuai dengan hasil yang ada di artikel sebelumnya maka diperoleh gambar grafik jarak-waktu dan kecepatan-waktu untuk r15
Maka
untuk mengetahui berapa waktu yang dibutuhkan bersesuaian dengan
kecepatan dan jarak tertentu, dapat diperoleh dengan mudah.
kpj waktu(detik) jarak(m)
20 1.2004 3.3408
30 1.7788 7.3296
40 2.3299 12.7109
50 3.0881 22.2217
60 3.9387 35.2469
70 4.9776 54.053
80 6.1355 78.205
90 7.4504 109.2904
100 8.9087 147.8146
30 1.7788 7.3296
40 2.3299 12.7109
50 3.0881 22.2217
60 3.9387 35.2469
70 4.9776 54.053
80 6.1355 78.205
90 7.4504 109.2904
100 8.9087 147.8146
Bahkan dengan bantuan program bisa diperoleh data berikut
Jarak(m) Waktu(detik) Kecepatan(kpj)
50 4.7668 68.0856
100 7.073 87.2509
200 10.6903 110.9445
300 13.7068 127.4236
400 16.3921 140.4738
100 7.073 87.2509
200 10.6903 110.9445
300 13.7068 127.4236
400 16.3921 140.4738
Dan
memang hasilnya berbeda, tapi hasil ini sifatnya tetap, selama spek
mesin nggak berubah dan mengacu pada dan hasil pengukuran dyno yang
sama.
Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.
Sumber : Motogokil
0 komentar :
Posting Komentar