English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 20 Februari 2014

Harga Emas Melemah 2 Hari Berturut-turut Setelah Sentuh 3 Tahun Tertinggi


Harga emas terus mengalami penurunan pada perdagangan tadi malam dan berakhir di teritori negatif (19/2). Harga melemah untuk dua hari berturut-turut setelah pada perdagangan hari Selasa sempat menyentuh level paling tinggi dalam tiga tahun belakangan. Catatan rapat FOMC di bulan Januari mengindikasikan bahwa pemotongan stimulus akan dilanjutkan. Ini mengakibatkan permintaan terhadap emas sebagai sarana investasi alternatif menjadi berkurang.

Beberapa petinggi Fed mengatakan bahwa “tanpa adanya perubahan yang signifikan terhadap outlook ekonomi, harus ada presumsi jelas untuk melanjutkan program pemotongan stimulus” dalam setiap pertemuan Fed. Beberapa petinggi Fed mengutarakan kekhawatiran bahwa inflasi masih terlalu rendah.

Sepanjang tahun 2014 ini harga emas telah mengalami kenaikan sebesar 9.8 persen di tengah sinyal bahwa pertumbuhan ekonomi di AS melambat. Kondisi ini menimbulkan spekulasi bahwa Fed tidak akan terburu-buru dalam mengurangi stimulusnya.

Harga emas berjangka Comex untuk kontrak penyerahan bulan April sempat mengalami penurunan sebesar 0.8 persen. Harga emas berjangka ini akhirnya ditutup pada posisi 1320.40 dollar per troy ons. Harga emas sempat menyentuh level 1332.40 dollar pada perdagangan Selasa, tertinggi sejak tanggal 31 Oktober lalu.

Harga emas spot LLG terpantau mengalami penurunan yang signifikan juga. Di akhir perdagangan dini hari tadi harga ditutup pada posisi 1311.35 dollar per troy ons, mengalami penurunan sebesar 10.25 dollar.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga emas pada perdagangan hari ini berpotensi untuk bergerak rebound. Harga komoditas ini diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 1300 – 1330 dollar.

(ia/JA/vbn)

Sumber : Vibiznews

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800