English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 09 Februari 2015

Bursa Asia Terpukul Data Perdagangan China

Bursa Saham Asia

PT. Rifan Financindo Berjangka, Singapura - Bursa Saham Asia terpuruk pada pembukaan perdagangan Senin (9/2/2015) merespons suramnya data perdagangan China. Hal ini meningkatkan kekhawatiran terhadap perlambatan ekonomi negara terbesar kedua di dunia dan menekan dolar Australia.

Dilansir dari Reuters, indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang turun 0,3 persen. Indeks saham Australia juga ikut turun 0,5 persen pada awal perdagangan. Indeks Nikkei  Jepang melawan tren dengan naik 0,7 persen.

Data yang dipublikasikan pada Minggu menunjukkan, kinerja perdagangan China merosot pada Januari, dengan ekspor jatuh 3,3 persen dari tahun lalu. Sementara impor turun 19,9 persen, jauh lebih buruk dari yang diperkirakan analis. Laporan terbaru ini semakin menekan  kelemahan dalam perekonomian Cina.

"Ini memang data yang cukup suram," kata Ekonom Pasar dari Sumitomo Mitsui Trust Bank, Ayako Sera.

Dolar Australia, yang sering dipakai sebagai penunjuk pergerakan ekonomi China, turun 0,4 persen pada awal perdagangan ke US$ 0,7775 per dolar Australia.

Angka-angka perdagangan China yang buruk menutup pertumbuhan tenaga kerja yang kuat dengan data Nonfarm payrolls AS meningkat lebih dari yang diharapkan pada Januari serta adanya kenaikan upah sebesar US$ 12 sen pada bulan lalu.

Bursa saham AS, yang awalnya bersorak menyambut data tenaga kerja tersebut, tumbang pada akhir perdagangan pekan lalu. Dengan indeks S&P 500 berakhir turun 0,3 persen. Para pelaku pasar khawatir kondisi ini meningkatkan harapan bahwa Bank Sentral AS atau The Federal Reserve (The Fed) akan menaikkan suku bunga pada pertengahan tahun.(Ndw)

Sumber : Liputan 6

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800