English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 07 Juli 2014

[MotoGP] Salah Satu Rahasia Suksesnya Marc Marquez, Mengurangi Peran Kontrol Traksi


MM style2

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sampai putaran ke-8, Marc Marquez berhasil menjuarai semuanya dengan poin bunder 200. Ada beberapa pengamat mengomentari, bahwa kondisi ini dapat menjadikan pegelaran motogp menjadi kurang enak ditonton. Karena MM seperti tidak tersentuh oleh pembalap lainnya, MM seperti alien yang membalap sendiri di depan. Hal ini sebeneranya cukup mengkhawatirkan, karena dapat menjadikan balapan menjadi kurang bergairah, yang pada akhirnya rating akan menurun.

Lalu apa salah MM jika menang terus ? Tidak ada. Yang salah adalah mengapa pembalap lain tidak mampu mengejar MM. Dan memang MM memiliki trik yang dapat dikatakan sebagai trend setter, yang mana trik tersebut tergambar di judul. Tentunya trik-trik tersebut ada pendukungnya yaitu :
  1. Skill
  2. Style
  3. Teknologi
Masalah skill antara pembalap motogp beda-beda tipis lah. Yang memiliki perbedaan yang banyak adalah kombinasi antara style MM dan teknologi yang digunakan pada motor honda MM. Anehnya bukannya ditingkatkan peran dari teknologi pengontrol elektronik pada motor MM, “tetapi malah dikurangi” perannya. Bagaimana ceritanya…

Marc merquez bisa melakukan aksi-aksinya di tikungan karena skil, style yang ditunjang oleh penurunan fungsi “kontrol traksi” (traction control). Kontrol traksi akan melakukan penurunan performa engine ketika terjadi mis-match, yaitu ketidak sesuaian antara kecepatan ban dengan kecepatan yang seharusnya (slip). Mengenai kontrol traksi sudah pernah dijelaskan dalam artikel ini, dimana pedrosa jatuh karena kabel sensor trkasinya putus.

Jika kontrol traksi bekerja penuh maka saat melakukan gaya ini, menikung sambil sedikit stopie, kemudian menyesuaikan kecepatan ketika ban belakang jatuh ke aspal akan sulit dilakukan.

Gaya Marc Marquez nikung

Begitu pula saat rear wheel steering sulit dilakukan jika kontrol traksi bekerja 100%.

rear wheel steering MM

Oleh karena itu dengan skill dan style MM, kontrol traksi dikurangi perannya 30% sampai 40%.  Dengan gaya/style yang dimilki MM pengurangan peranan kontrol traksi justru membuatnya lebih cepat ditikungan, dibandingkan pembalap dengan kontrol traksi 100%.

Hebat ya MM, justru skill nya yang mengendalikan kontrol elektronik pada motornya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Sumber : Moto Gokil

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800