English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 15 Agustus 2018

Bursa Asia Gagal Ikuti Penguatan Wall Street, Pendinginan China Lebih Dominan


PT Rifan Financindo - Saham Asia melemah pada Rabu, gagal mengikuti penguatan Wall Street, sementara dolar berada di dekat 13-bulan tertingginya karena kekhawatiran tentang krisis keuangan Turki yang membebani selera investor meskipun lira telah bergerak jauh dari rekor terendahnya.
Lira yang sempat anjlok ke rekor terendahnya, di 7,24 terhadap dolar di awal minggu, bergerak naik tipis ke 6,415 setelah rebound lebih dari 8 persen semalam.

Tiga indeks utama Wall Street naik pada penutupan perdagangan hari Selasa karena pendakian lira yang meredakan kekhawatiran akan penularan krisis Turki di sektor keuangan yang lebih luas. Serangkaian laporan kinerja pendapatan yang kuat juga mendorong saham AS.

Namun kenaikan saham AS tidak berdampak ke Asia, dengan indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang turun tipis 0,8 persen setelah sempat memantul 0,4 persen hari sebelumnya ketika lira menunjukkan tanda-tanda stabilisasi.

Baca juga :

Hong Kong Hang Seng, HSI turun lebih dari 1 persen dan Shanghai Composite Index SSEC turun 0,1 persen. Mendinginnya pertumbuhan ekonomi negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia ini karena perang dagang yang masih terus berlangsung dengan AS telah membebani ekuitas China.

Saham Australia naik 0,1 persen dan Jepang Nikkei N225 tergelincir 0,4 persen setelah mengumpulkan lebih dari 2 persen pada Selasa. Pasar Korea Selatan .KS11 ditutup untuk liburan publik.

Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan pada hari Selasa bahwa Ankara akan memboikot produk elektronik dari Amerika Serikat, sebagai pembalasan atas Washington yang telah membantu mendorong lira ke rekor terendah.

Indeks dolar, yang mengukur kekuatan dolar terhadap sekelompok enam mata uang utama membentang keuntungan semalam dan mencapai 96,82, DXY, tertinggi sejak akhir Juni 2017.

Kekuatan mata uang AS diperparah oleh jatuhnya euro, yang didemo oleh potensi risiko untuk bank-bank Eropa dari gejolak keuangan di Turki.

Euro merosot ke $ 1,1326 EUR =, terlemah sejak Juli 2017. Euro juga berjuang dekat 13-bulan terendah terhadap franc EURCHF Swiss =, mata uang safe haven tradisional.

Menambah keuntungan semalam, dolar terakhir diperdagangkan naik 0,15 persen pada 111,32 yen JPY =.

Nilai tukar yuan di pasar onshore China CNY = CFXS bergerak menjauh dari terendah 15-bulannya di 6,8965 per dolar setelah pada awal Agustus bank sentral China menetapkan kurs tengah terendah sejak Mei 2017.

Benchmark 10-tahun yield Treasury US10YT = RR berada di sekitar 2,89 persen, setelah memantul dari level terendah tiga minggu yaitu dari 2,848 persen di hari Senin. PT Rifan Financindo.


Sumber : Vibiznews

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800