Selasa, 3 Juni 2014
Otosia.com
- Sudah empat tahun belakangan ini pasar motor sport Tanah Air mulai
tumbuh dan berkembang dengan prospek yang gemilang. Sebut saja pabrikan
Yamaha, Honda motor dan Kawasaki.
Muncul dengan waktu hampir
serentak ketiga pabrikan yang konsisten mengusung produk motor sport
mulai dari entry-level, middle hingga kelas premium ini semakin berani
'beradu' produk di harga yang sangat kompetitif.
Di perjalanan tahun 2014 ini menjadi ajang pertarungan produk motor sport dari ketiga pabrikan tersebut. Masih ingat dengan Kawasaki Ninja RR Mono, Kawasaki New Ninja 250, All New Honda CBR250R dan yang masih hangat perilisannya Yamaha YZF-R25.
Ya
benar keempat produk motor sport di atas merupakan kelas menengah yang
dibekali dengan mesin 250cc. Nampaknya peminat bikers Tanah Air saat ini
ada kecenderungan lebih berekspektasi kepada motor harian yang lebih
bertenaga dan berpenampilan 'garang'.
Bagaimana dengan masing-masing spesifikasi dan performa mereka? Lantas berapa banderol masing-masing? Baca selengkapnya!(kpl/abe)
1. Yamaha YZF-R25
Yamaha YZF-R25
yang beberapa waktu lalu dilahirkan resmi bertempat di acara test ride
YZF-R15 Aceh-Medan menjadi motor sport yang paling ditunggu oleh
konsumen Tanah Air.
Yamaha R25 yang berbekal mesin 250cc,
2-silinder, DOHC ini diklaim memiliki tenaga terbesar dari produk
kompetitornya - 27,2 kW (36,4 hp) pada 1.200 rpm. Penjualan R25 yang
melalui inden online ini dibanderol dengan harga Rp 53 juta on-the-road Jakarta.
Berikut detail spesifikasi Yamaha YZF-R25:
Dimensi
- P x L x T : 2.090 mm x 720 mm x 1.135 mm
- Jarak sumbu roda : 1.380 mm
- Jarak terendah ke tanah: 160 mm
- Tinggi tempat duduk : 780 mm
- Berat isi : 166 kg
- Kapasitas tangki bensin : 14,3 L
Rangka
- Tipe Rangka : Diamond
- Suspensi Depan : Teleskopik
- Suspensi Belakang : Swing Arm
- Ban Depan : 110/70 – 17 M/C
- Ban Belakang : 140/70 – 17 M/C
- Rem Depan : Cakram hidrolik, piston ganda
- Rem Belakang : Cakram hidrolik, piston tunggal
Mesin
- Tipe mesin : 4 langkah, 8 Valve DOHC Berpendingin cairan, 250cc
- Jumlah / posisi silinder : 2 Silinder / Tegak
- Diameter x langkah : 60,0 x 44,7 mm
- Perbandingan kompresi : 11,6 : 1
- Daya maksimum : 27,2 kW / 1.200 rpm
- Torsi maksimum : 23,2 Nm / 10.000 rpm
- Sistem starter : Electric Starter
- Sistem pelumasan : Basah
- Kapasitas oli mesin : Total = 2,40 L ;
- Sistem bahan bakar : Fuel Injection System
- Tipe kopling : Basah, kopling manual, multiplat
- Tipe transmisi : Return 6 kecepatan
- Pola pengoperasian transmisi: 1-N-2-3-4-5-6
Kelistrikan
- Sistem Pengapian : TCI
- Battery : GT28V (MF Battery 7Ah)
- Tipe Busi : CR 93 (NGK)
2. Kawasaki New Ninja 250
Kawasaki New Ninja 250
hadir sebagai generasi penyempurna dari Ninja 250 yang pertama kali
hadir di Tanah Air beberapa tahun belakangan ini. Kawasaki memang
memiliki kekuatan tersendiri di pasar motor sport Indonesia, maka dari
itu tidak heran pabrikan ini dicap sebagai 'gudangnya' produk sport.
Kawasaki
juga akan menjadi lawan yang sepadan dengan hadirnya sederet produk
motor sport 250cc Tanah Air. Selain performa - Kawasaki juga memiliki
kelebihan desain yang sangat dinamis dan gahar. Di Indonesia Kawasaki New Ninja 250 (non-ABS) ini dibanderol dengan harga Rp 53.700.000 OTR JADETABEK.
Berikut data spesifikasi Kawasaki New Ninja 250 (non-ABS):
Rangka
- Suspensi Depan : 37 mm telescopic fork
- Suspensi Belakang : Uni-Trak Sistem dengan Model Gas-Shock dan 5-tingkat penyetelan
- Rem Depan : Tunggal disc berdiameter 290 mm dengan kaliper dual-piston
- Rem Belakang : Tunggal disc berdiameter 220 mm dengan kaliper dual-piston
- Ban Depan : 110/70-17 M/C (54S)
- Ban Belakang : 140/70-17 M/C (66S)
- Panjang x Lebar x Tinggi : 2.010 x 715 x 1.110 mm
- Jarak Poros Roda : 1.400 mm
- Jarak ke Tanah : 785 mm
- Berat : 172 kg
- Kapasitas Bensin : 17 liter
Mesin
- Tipe : 4-Langkah / Tak, Pendinginan Air, Dua Buah Sejajar
- Maksimum Power : 23.5 kW (32 PS) / 11,000 RPM
- Torsi Maksimum : 21.0 n-M (2.1 KGF-M) / 10,000 RPM
- Volume Silinder : 249 cm3 (cc)
- Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection Sistem (28 mm x 2) dengan katup Throttle Ganda
- Sistem Pengapian : Digital
Transmisi
- Jumlah Transmisi : 6-speed, return shift
3. All New Honda CBR 250 R
PT
Astra Honda Motor (AHM) berupaya memberikan harga terbaik kepada
konsumen yang dipastikan tidak akan lebih dari harga Honda CBR250R saat
ini. Faktanya, baru beberapa saat yang lalu merilis harga resmi All New
Honda CBR250R - merevisi harga CBR250R (lama) sehingga lebih murah.
Berikut daftar harga semua varian All New Honda CBR250R:
- All New Honda CBR250R non-ABS - merah harga Rp 46,8 juta on-the-road Jakarta.
- All New Honda CBR250R non-ABS - Red/White/Blue harga Rp 47,8 juta on-the-road Jakarta.
- All New Honda CBR250R tipe standar Repsol harga Rp 48,3 juta on-the-road Jakarta .
- All New Honda CBR250R ABS - merah harga Rp 53,7 juta on-the-road Jakarta.
- All New Honda CBR250R ABS - Red/White/Blue harga Rp 54,7 juta on the road Jakarta.
- All New Honda CBR250R ABS - Repsol harga Rp 55,2 juta on-the-road Jakarta.
Tipe
standar Honda CBR250R (lama) sebelumnya dipasarkan antara Rp 48,95 juta
hingga Rp 49,95 juta, sementara untuk tipe ABS dipasarkan antara Rp
56,7 juta hingga Rp 57,95 juta.
Tidak hanya tampilan saja yang
berhasil diberikan pada sosok All New ini, namun juga penyempurnaan
beberapa bagian di sektor mesinnya sehingga tenaganya naik sekitar 1 hp
(PS) dari generasi terdahulu. All New Honda CBR250R kini tercatat mampu
menghasilkan tenaga sebesar 29 hp pada 9.000 rpm.
Berikut gambar tabel spesifikasi All New Honda CBR250R:
4. Kawasaki Ninja RR Mono
Kawasaki Ninja RR Mono
hadir sebagai produk inovatif yang memberikan keleluasaan pilihan bagi
penggemar motor sport 250cc. Sama halnya dengan Honda CBR250R - RR Mono
ini juga hanya mengusung mesin 1-silinder.
Untuk performa tidak ada yang perlu diragukan lagi, tenaga RR Mono tercatat tak kurang dari angka 27,6 hp pada 9.700 rpm.
Diluncurkan pada pertengahan Februari 2014 silam, penerus generasi RR ini dibanderol dengan harga Rp 39.900.000 on-the-road Jakarta.
Mesin
- Engine type : Liquid-cooled, 4-stroke 1-Cyl DOHC
- Displacement : 249 cm³
- Bore x stroke : 72.0 x 61.2 mm
- Compression ratio : 11.3:1
- Valve/Induction system : DOHC, 4 valves
- Fuel system : Fuel injection: ø38 mm x 1
- Ignition : Keihin, Transistorized Ignition
- Electric : Starting
- Lubrication : Forced lubrication, wet sump
Performa
- Maximum power : 20.6 kW (27,6 hp) / 9,700 rpm
- Maximum torque : 22,6 N·m { kgf·m} / 8,200 rpm
- Max Speed : 153 km/h
Transmisi
- Transmission : 6-speed, return
- Final Drive : Sealed chain
- Primary reduction ratio : 2.800 (84/30)
- Gear ratios: 1st 3.000 (393/11)
- Gear ratios: 2nd 1.933 (29/159)
- Gear ratios: 3rd 1.444 (31/22)
- Gear ratios: 4th 1.217 (28/23)
- Gear ratios: 5th 1.045 (23/22)
- Gear ratios: 6th 0.923 (24/26)
- Final reduction ratio : 3.000 (42/14)
- Clutch : Wet multi-disc, manual
Rangka
- Frame type : Tube diamond
- Rake/Trail : 24° / 90 mm
- Wheel travel, front : 110 mm
- Wheel travel, rear : 116 mm
- Tyre, front : 100/80-17 M/C (52S)
- Tyre, rear : 130/70-17 M/C (62S)
- Steering angle, left / right : 36° / 36°
- Suspension, front : telescopic fork
- Suspension, rear : Bottom-Link Uni-Trak swing arm
- Brakes, front : Single 263 mm petal disc. Caliper: dual-piston.
- Brakes, rear :Single 193 mm petal disc. Caliper: Dual-piston.
Dimensi
- Dimensions (L x W x H) : 1.935 mm x 685 mm x 1,075 mm
- Wheelbase : 1,330 mm
- Road Clearance : 165 mm
- Seat height : 780 mm
- Fuel capacity : 11 litres
- Curb Mass 151 kg
Sumber : Otosia