Assalamu’alaikum wR wB
Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.
Berniat ingin menganalisis akselerasi, best-time dan waktu untuk
kecepatan tertentu dari motor yang lagi hot, yaitu R15 dan CBR150Fi,
eh.. malah ketemu sesuatu keanehan pada performa R15, apa itu ???
Sesuai dengan sumber aslinya dari Motor+, gambar kurva power dari pengukuran dyno R15 dan cbr150
Apanya yang aneh ?… Berikut gambarnya jika didetilkan
Perhatikan ! Dimana limiter R15 ?
Kurva warna merah R15, dan yang biru CBR150Fi. Perhatikan kurva power
R15, warna merah yang ane kasih kurung merah, ternyata limiter R15 yang
diuji motorplus tembus 10500 rpm. Dengan berasumsi bahwa hasil pengukuran dyno yang dilakukan M+ adalah valid dan benar,
maka terlihat bahwa saat 10600 rpm power R15 sekitar 12 hp (lumayan),
begitu menyentuh 10750 rpm baru powernya turun mendekati 6 hp.
Harusnya kalo memang limiter-nya di (misalnya) 10000 rpm, maka seketika setelah itu powernya drop, seperti penampakan berikut
Jika memang R15 yang dites oleh M+ bener2 standar, maka ini merupakan
kabar gembira buat owner atau calon pembeli R15, bahwa limiternya
diatas NVL (10500). Hal ini tidak sesuai dengan yang diinformasikan
pabrikan dan blogger kondang lainnya, yang menyatakan limiter R15 di
10500 rpm. Dan menurut ane, memang seharusnya demikian (limiter R15 >
NVL), sesuai dengan prediksi ane ketika belum dirilis, dengan melihat
penampakan speedometernya, artikelnya ada di sini.
Tapi jika ternyata limiter R15 standar memang hanya 10500 rpm, maka
bisa jadi R15 yang ditest di sentul bareng sama cbr150fi, limiter rpm
sudah ditingkatkan alias sudah di-upgrade.
Sementara itu dulu yang bisa ane sampaikan. Di artikel berikutnya
akan kita bahas mengenai akselerasi R15 dan CBR150Fi berdasarkan grafik
tersebut dan data spek teknis masing motor.
Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.
Sumber : Moto Gokil









New
Kawasaki Ninja ZX-6R 30th Anniversary dihadirkan dengan special livery
yang terinspirasi dari motor Kawasaki sang jawara ajang WSBK, yaitu Tom
Sykes. Model istimewa ini tersedia dengan dua pilihan warna yaitu new
Lime Green atau Pearl Stardust White graphics yang akan memiliki label
'30th Anniversary' di bagian samping panel headlight.
Dari
sisi tampilan boleh saja ada perubahan, bagaimana dengan jantung
pacunya? New Ninja ZX-6R '30th Anniversary' masih mengandalkan beberapa
spesifikasi standar dimana masih andalkan performa mesin 4 silinder
segaris berkapasitas 636cc. Mesin didukung dengan dual fuel injection
dan dikawinkan dengan sistem transmisi manual 6 percepatan.
Untuk
handling yang sempurna New ZX-6R 2015 menggunakan suspensi standar 41mm
inverted Showa SFF-BP dengan pegas top-out, stepless compression dan
rebound damping, dan adjustable spring preload. Untuk suspensi belakang
dengan model Bottom-link Uni-Trak dengan gas-charged shock, stepless
compression damping adjustment, tersedia 25 pengaturan rebound damping
dan fully adjustable spring preload.
Sistem
penghenti laju motor tetap menggunakan dual cakram depan yang berukuran
310mm sedang untuk roda belakang dengan cakram 220mm. Sistem rem juga
tersedia dua pilihan non ABS yang dipasarkan US$ 11.999 Rp 138 jutaan
sedang dengan pilihan KIBS ABS lebih mahal sekitar Rp 11 jutaan. Harga
ini dikatakan masih sama dengan model 2014, maka harga untuk Indonesia
diperkirakan akan tetap sekitar Rp 230 jutaan.

