Honda CB150R StreetFire VS Yamaha Vixion 2013
Indonesa tahun 2013 ini kehadiran dua motor Sport Terbaru yakni Yamaha New V-Ixion dan CB150R StreetFire. Jika kita bandingkan CB150R StreetFire dan New Vixon kedua motor keren ini yang manakah lebih baik dan lebih laku ? Mungkin anda akan bingung jika dipilih untuk membeli satu diantara dua motor ini CBR atau Vixion.
Indonesa tahun 2013 ini kehadiran dua motor Sport Terbaru yakni Yamaha New V-Ixion dan CB150R StreetFire. Jika kita bandingkan CB150R StreetFire dan New Vixon kedua motor keren ini yang manakah lebih baik dan lebih laku ? Mungkin anda akan bingung jika dipilih untuk membeli satu diantara dua motor ini CBR atau Vixion.
Yamaha New V-Ixion dan Honda CB150R StreetFire diluncurkan dalam waktu yang hampir bersamaan di bulan Desember. Honda lebih dulu meluncurkan CB150R di tanggal cantik 12-12-2012, sedangkan Yamaha menyusulnya di 15 Desember 2012.
Perbandingan CB150R StreeFire VS New Vixion 2013
Perbandingan Desain CBR VS Vixion
Kalau kita
melihat sisi bentuk atau desain Honda CB150R StreetFire ini mengusung
desain "speedy shape" berkarakter tajam, berkesan ramping dan ringan
sebagai cerminan dari motor sport berperforma tinggi yang membangkitkan
aura kecepatan.
Desain Honda CB150R VS Yamaha New Vixiion
Bentuk Band Honda Cb150r dan Vixion
Garis
desainnya seirama dan menyatu serta mengalir mulai dari lampu depan
hingga spakbor belakang, sehingga menunjang tampilan keseluruhan yang
sporti dan agresif.
Sementara
untuk Yamaha New V-Ixion, hadir dengan desain gagah dab lampu baru
dengan sporti visor. Bagian belakangnya tampi bbaru dengan pelek dan ban
lebih besar.
Pada bagian
samping terlihat lebih artistik dimana kekuatan bodinya memiliki
sudut-sudut tajam seperti aerodinamic device, terlihat berotot dan solid
di bagian depan namun tetap lancip dibagian belakang.
Perbandingan Spesifikasi Mesin
Walaupun sama-sama 150 cc, Honda CB150R dan Yamaha New V-Ixion punya beberapa perbedaan mendasar pada spesifikasi.
Perbandingan Honda CBR dan Yamaha Vixion
CB150R
menawarkan karakter overbore 63,5 x 47,2 mm, DOHC 4 klep berpendingin
cairan transmisi 6 speed. Sedang New V-Ixion mengandalkan mesin lamanya,
karakternya hampir square 57 x 58,7 mm, SOHC 4 klep berpendingin cairan
transmisi 5 speed.
Pasokan
bensin keduanya injeksi, hanya beda di detail dan kelengkapan sensor
karena New V-Ixion sudah pakai 02 sensor, sedang CB150R belum. Aliran
udara ke ruang bakar dikawal dengan throttle body (TB) 28 mm sedang
CB150R lebih besar pakai TB 30 mm.
Nah... Kini
saatnya dicoba lewat dua pengetesan yang berbeda. Pertama uji akselerasi
pakai racelogic. Dan yang kedua langsung dinaikan ke atas dynamometer,
untuk melihat power dan torsinya secara real dalam kondisi lingkungan
yang sama dan mesin dyno yang sama pula.
Hasil tes
akselerasi, StreetFire unggul dari Lightning. Dites pakai Racelogic oleh
1 tester berpostur 173 cm 65 kg di bawah 0-60 km/jam StreetFire hanya
butuh 3,8 detik. Sementara Lightning perlu 4,1 detik. Jarak 201 meter
CB150R unggul dengan 11 detik, berbanding V-Ixion 11,3 detik. Sementara
jarak 402 meter ditempuh oleh CB150R hanya 18,2 detik sedang V-Ixion
18,4 detik.
Top speed
keduanya beda tipis, andalan Honda 135 km/jam sedang Yamaha 132 km/jam,
dites dengan trek 1 km. Data lain ada di bawah.. Silahkan dilihat dan
dibandingkan.
Keunggulan
CB150R ditunjang karakter mesin overbore yang melengking cepat di rpm
menengah ke atas dengan nafas panjang, ditambah rasio 6 speed rapat plus
rasio akhir ringan. Sedang V-Ixion cenderung rata, dari bawah sampai
atas rpm naik stabil. Mengandalkan feeling, mesin CB150R terasa lebih
bulat dan halus sementara V-Ixion sedikit kasar.
Tak cukup
akselerasi dan top speed, kami juga penasaran dengan potensi mesin on
wheel, Saat dites pakai dynamometer. Hasil mengejutkan Baik tenaga
maupun torsi V-Ixion ternyata lebih besar dari CB150R!
Anda
terkejut? Sama dong! Bahkan kami sampai mengukur di dua tempat berbeda.
Pertama di-dyno milik Aerospeed, Jl. Haji Nawi 74, Jaksel. Kedua, di
Sportisi Motorsport, Jl. Tenggiri 4A Rawamangun, Jaktim. Ternyata
hasilnya identik, tetap lebih besar V-Ixion.
Tepatnya di
dynamometer Dynojet 250i milik Sportisi tenaga V-Ixion 14,17 dk pada
8.850 rpm dan torsi 12,76 Nm pada 7.050 rpm. Sementara CB150R 13,45 dk
pada 10.300 rpm torsi 10,83 Nm pada 7.800 rpm. Kedua motor kondisi
standar pabrik dengan bahan bakar yang sama.
Perbandingan Angka Penjualan New Vixion VS CB150R
Lalu, ketika
berbicara mengenai penjualan? Manakah diantara keduanya yang jawara?
Ternyata bila melihat dari data distribusi yang dikeluarkan Asosiasi
Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), V-Ixion masih terlihat dominan.
Dari data
AISI, di Januari CB150R StreetFire mampu terdistribusi hingga 12.436
unit. Angka itu lebih kecil dari distribusi yang dibukukan oleh V-Ixion.
Yamaha di
Januari lalu berhasil mendistribusikan V-Ixion model lama hingga 12.803
unit. Sementara model terbaru V-Ixion, New V-Ixion mampu terdistribusi
hingga ke angka 18.894 unit.
Harga Honda Cb150R dan Yamaha New Vixion 2013
Untuk
membeli motor CB150R Street Fire maupun NEW Vixion 2013 anda harus
menyediakan uang Rp.23 Jutaan karena Harga Honda CBR 2013 = Rp22.350.000
sedangkan Yamaha Indonesia menyiapkan dua harga buat varian New
V-Ixion. Model dengan kick starter dibanderol dengan harga sebesar
Rp22,6 juta. Sementara New V-Ixion non kick starter dihargai Rp22,4
Juta.
Harganya
masih kemahalan ? anda bisa mencoba melihat info Harga Honda Verza 2013 ,
motor sport dengan harga paling murah saat ini dari HONDA.
Referensi : Detikoto & MotorPLUS
Sumber : updatenya.com