English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 30 Mei 2013

MELINDUNGI ASET KITA (HEDGING) DENGAN BERINVESTASI EMAS

 

    Tahukah kita bagaimana perusahaan-perusahaan besar melindungi aset bisnisnya? Mereka melindungi asetnya dengan hedging yaitu strategi untuk melindungi aset. Contoh: Sebuah perusahaan memiliki hutang dalam bentuk valuta asing yang jatuh tempo dalam 5 tahun yang akan datang. Maka perusahaan tersebut akan meneken kontrak pembelian valuta asing pada nilai yang disepakati, dengan tanggal realisasi sesuai jatuh tempo hutang. Memang ada biaya yang dikenakan, tapi bagi perusahaan besar itu tidak menjadi masalah. Dengan kata lain lebih baik membayar biaya untuk memperoleh nilai kurs yang terjangkau, daripada menghadapi resiko membengkaknya hutang. 
      Untuk masyarakat umum, agak sulit untuk melakukan strategi hedging seperti yang dilakukan perusahaan besar. Karena tentu lebih rumit dan akses pun terbatas. Aset yang dimiliki tidak selalu terkait dengan dollar. Maka strategi hedging yang bisa dilakukan untuk masyarakat yaitu membeli emas atau menabung dalam bentuk emas. Emas digunakan sebagai pelindung terhadap nilai dan kekayaan (hedging). Dan pada umumnya semakin tinggi inflasi, akan semakin baik kenaikan harga emas. Semakin orang panik terhadap ketidakpastian ekonomi, harga emas semakin melambung. Sebaliknya, harga emas konstan bila laju inflasi rendah. Maka investasi emas sangat cocok dipakai sebagai pelindung kekayaan. Emas cenderung stabil dan dianggap tidak punya efek inflasi (zero inflation effect). 
      Adapun cara berinvestasi emas sangat banyak, kita bisa meniru cara berinvestasi emas yang orang jaman dulu lakukan, yaitu dengan cara membeli, menyimpan dan kemudian menjual. Atau kita bisa menggunakan cara modern berinvestasi emas dengan membeli, menyimpan atau menggadai jika tujuan kita adalah untuk melipatgandakan jumlah portofolio emas kita tapi dengan modal yang kecil. Ada juga cara berinvestasi emas dengan cara ikut arisan emas. Namun, apapun cara yang kita gunakan dalam berinvestasi emas, sebaiknya kita tahu arah dan tujuan investasi kita tersebut. Jika kita ingin mendapatkan profit, tentunya investasi emas akan sangat bagus jika dilakukan untuk tujuan investasi jangka panjang. Yang terpenting adalah, dengan berinvestasi emas, kita dapat melindungi aset yang kita miliki.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800