English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 30 Mei 2013

INVESTASI / TRADING EMAS ?? INI 6 ALASANNYA


        Seperti yang kita ketahui, emas adalah logam yang sangat berharga. tapi bukan itu alasan orang memilih trading emas. Berikut adalah 6 alasan trading emas yang dirangkum dari beberapa sumber.

1.) Inflasi : Emas dikenal sebagai alat yang cukup baik untuk melawan inflasi, karena harganya cenderung naik. Analogi simplenya kira-kira begini, 5 tahun lalu kita bisa beli roti dengan harga 1000,  tapi sekarang harganya sudah 3000. Inilah Inflasi yang menyebabkan harga naik. Sehingga nilai dari uang tersebut juga berkurang. Tapi, kalau kamu beli roti menggunakan  emas yang 5 tahun lalu harganya 1 gram, sekarang pun harganya masih 1 gram untuk beli roti. 

2) Deflasi : Deflasi biasanya menyebabkan keadaan depresi, yaitu saat dimana aktifitas bisnis dan ekonomi menurun. Pada saat seperti ini, nilai emas cenderung lebih kuat dibanding harga-harga barang lain yang menurun tajam. 

3) Geopolitik. Ketika terjadi krisis ekonomi dan 'ketegangan politik' harga emas lebih stabil daripada nilai uang negara itu sendiri. Bahkan terkadang menjadi yang terkuat dibandingkan investasi yang lain. contohnya pada saat perang Iran dan Irak 2007 - 2008. Karena ketegangan politik tersebut Para pelaku pasar akan menarik investasinya di bursa saham, valas atau obligasi. Mereka akhirnya memilih investasi yang aman seperti Emas, sehingga permintaan akan emas pun naik.

4) Supply yang terbatas. Emas adalah mineral yang langka dan jumlahnya pun sedikit dan gak akan bisa habis seperti minyak. Walapun gak habis-habis, tapi peredaran emas biasanya diatur sama bank central masing-masing negara. 

5) Permintaan yang meningkat. Meningkatnya perekonomian negara-negara berkembang menjadi penyebab naiknya permintaan emas. Di berbagai negara berkembang, emas identik dengan sebuah kultur budaya salah satu contohnya adalah India. Kenapa? India adalah salah satu pengkonsumsi emas terbesar di Dunia, India juga termasuk dalam negara berpopulasi terbanyak di Dunia. Contoh simplenya begini, pada bulan oktober biasanya orang India banyak menikan dan pasti banyak menggunkan perhiasan untuk perayaan tersebut. Karena banyaknya permintaan akan emas, maka harganya pun akan naik, kira-kira contohnya seperti itu. 

6) Diversifikasi portfolio / aset. Ini adalah point terakhir alasan para Investor untuk trading emas. Kunci dari diversifikasi adalah mencari investasi yang tidak terlalu dekat berhubungan antara satu dan yang lainnya. Dari sejarahnya saja, emas dipercaya punya "hubungan negatif" dengan saham dan instrumen finansial lainnya. Contohnya, pada tahun 80 dan 90-an, adalah moment yang bagus buat beli Saham, bukan emas. Tapi ketika tahun 2008 kemarin, saatnya emas bersinar dan saham masuk ke masa suram. Itulah kenapa para banyak orang lebih memilih emas. 
Banyak orang bilang "Investasi emas aja, harga naik terus jadi gak akan rugi". Betul, tapi dalam trading kita harus tetap pake strategi. Jadi kita punya timing yang tepat kapan harus Buy / Sell XAU/USD (Symbol Emas di Metatrader). Semoga info ini bisa bermanfaat.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800