English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 18 Maret 2019

Bursa Asia Akhir Pekan Dominan Positif Pasca Keputusan BOJ



Rifan Financindo - Pasar Saham Asia Pasifik berakhir dominan positif pada akhir pekan hari Jumat (15/03) pasca keputusan kebijakan moneter Bank of Japan.

Di Jepang, indeks Nikkei 225 menelusuri kembali beberapa kenaikannya tetapi masih naik 0,77 persen menjadi 21.450,85 sementara indeks Topix bertambah 0,9 persen menjadi 1.602,63.

Indeks Kospi Korea Selatan 0,95 persen lebih tinggi pada 2.176,11.

Saham China daratan juga diperdagangkan lebih tinggi. Indeks Shanghai naik 1,04 persen pada 3.021,75 sedangkan indeks Shenzhen bertambah 1,42 persen menjadi 1.641,37.

Baca Juga :
Indeks Hang Seng Hong Kong naik 0,56 persen pada 29012.26.

Perdana Menteri China Li Keqiang mengatakan pada hari Jumat bahwa Beijing akan tetap mendukung ekonomi China karena menghadapi tekanan baru pada pertumbuhan. Dia berbicara dengan wartawan setelah upacara penutupan di Kongres Rakyat Nasional tahunan.

Indeks ASX 200 Australia mendekati datar di 6.175,20 karena subindex keuangan yang sangat tertekan turun 0,23 persen.

Bank of Japan mempertahankan kebijakan moneter stabil pada hari Jumat dalam langkah yang diperkirakan secara luas. Suku bunga jangka pendek akan tetap di minus 0,1 persen. Bank sentral mengatakan akan membeli obligasi pemerintah Jepang sehingga imbal hasil JGB 10 tahun akan tetap di sekitar nol persen. Imbal hasil obligasi bergerak terbalik terhadap harga.

Dalam pernyataan kebijakannya, BOJ menawarkan penilaian yang relatif lemah terhadap ekonomi Jepang dan memperkirakan akan “melanjutkan ekspansi moderatnya, meskipun sedang dipengaruhi oleh perlambatan ekonomi luar negeri untuk saat ini.”

Inflasi yang rendah telah memaksa Bank of Japan untuk tetap dengan program stimulus besar-besaran meskipun biaya meningkat.

Pekan depan, empat bank sentral Asia akan bertemu: Thailand, Taiwan, Filipina, dan Indonesia. The Fed AS juga akan bertemu minggu depan.

Presiden A.S. Donald Trump mengatakan hari Kamis bahwa A.S. mungkin akan mengetahui dalam tiga atau empat minggu ke depan tentang kemungkinan kesepakatan perdagangan dengan China.

Sementara itu, para perunding China menyarankan untuk menggabungkan kunjungan kenegaraan yang telah lama dibicarakan oleh Presiden Xi Jinping ke AS dengan pengumuman perjanjian yang akan datang – mereka juga mengatakan Beijing ingin kesepakatan sepenuhnya diselesaikan sebelum Xi duduk dengan Trump.

Sementara itu, Li pada hari Jumat tidak mengungkapkan rincian tentang kemajuan terbaru dari pembicaraan perdagangan. Dia menekankan bahwa Amerika Serikat dan China tetap dalam diskusi tertutup, dan menyatakan keyakinan bahwa kedua belah pihak memiliki cukup kebijaksanaan untuk meredakan ketegangan.

Pada hari Kamis, anggota parlemen Inggris memberikan suara mendukung mencari penundaan kepergian dari Uni Eropa setidaknya tiga bulan. Namun pemungutan suara tidak mengikat, dan Uni Eropa harus menyetujui penundaan. Brussels, pada bagiannya, telah mengatakan Inggris perlu membenarkan meminta perpanjangan seperti itu di luar batas waktu 29 Maret saat ini.

Perdana Menteri Inggris Theresa May telah mengindikasikan bahwa ia akan membawa kembali kesepakatan Brexit kembali di depan Parlemen minggu depan untuk pemilihan lagi.

Sesi Jumat di Asia mengikuti hari yang beragam di Wall Street di mana S&P 500 dan Nasdaq Composite ditutup lebih rendah untuk pertama kalinya dalam empat hari.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Asia akan mencermati pergerakan bursa Wall Street, yang akan mencermati rilis data Consumer Sentiment Maret AS. Rifan Financindo.


Sumber : Vibznews

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800