English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 04 September 2013

Microsoft Akuisisi Nokia Dengan Nominal Hampir 5,5 Miliar Euro

(Vibiznews - Business) - Dunia teknologi pada hari ini (3/9) dikejutkan oleh adanya kabar bahwa Microsoft yang merupakan perusahaan produsen software terbesar di dunia saat ini berencana akan melakukan akuisisi perusahaan handset ponsel terbesar di dunia yaitu Nokia. Kesepakatan antara kedua perusahaan tersebut telah memasuki kesepakatan baik mengenai nominal sampai dengan waktu transkasi pembelian. Microsoft sepakat akan mengeluarkan dana sebesar 5,44 miliar euro atau 7,2 miliar dollar dengan waktu pembayaran kepada pihak Nokia akan berlangsung pada kuartal pertama tahun 2014 mendatang.

Baik pihak Microsoft maupun Nokia keduanya menyambut baik kebijakan tersebut, tak terkecuali CEO Nokia, Stephen Elop yang menyatakan bahwa kebijakan tersebut akan menguntungkan bagi kedua pihak. Untuk sisi Microsoft sendiri, akuisisi yang dilakukan akan menguntungkan dari sisi strategi bisnis dalam hal penguasaan ke dalam industri ponsel yang tergolong baru bagi Microsoft. Sedangkan bagi sisi Nokia, hal tersebut akan semakin memperkuat dalam hal software smartphone yang menjadi modal utama dalam persaingan dengan para kompetitor.

Baik Micorosof maupun Nokia, sebetulnya telah menjamin kerjasama bisnis sejak tahun 2011 dimana Microsoft merupakan penyedia software bagi perangkat ponsel Nokia guna bersaing dengan sistem iOS dan juga Android. Sehingga keduanya tidak perlu lagi ada pendekatan baru dari segi bisnis kembali. Hal yang hampir sama juga beberapa hari lalu terjadi pada dua perusahaan software dengan salah satu produsen headset ponsel yaitu Verizon dengan Vodafone dimana Verizon sepakan akan mengakuisi Vodafone dengan nilai nominal mencapai 130 miliar dollar.

Transfer Pekerja Nokia ke Microsoft
Selain sepakat dengan nominal akuisisi yang diajukan dan diterima antara Microsoft dengan Nokia, kesepakatan lainnya antara kedua belah pihak tersebut ialah adanya transfer tenaga kerja yang dimiliki oleh Nokia ke Microsoft sebanyak 32 ribu orang mulai Januari tahun depan. Kebijakan tersebut guna memaksimalkan strategi bisnis dan mengurangi beban pengeluaran dari Nokia.

Sumber : Vibiznews

0 komentar :

Posting Komentar

 
Disclaimer: Semua informasi yang tersedia dalam blog ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan informasi yang terbaik, akan tetapi kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blog ini.

PT. Rifan Financindo Berjangka Surabaya
Wisma Bii Lt. 16 Jl. Pemuda 60-70 Surabaya 60271 Telp : 031-5349800(hunting), Fax : 031-5347800