New Delhi, KompasOtomotif — Belum genap sebulan setelah Harley-Davidson (H-D) meluncurkan Street 500 dan 750 di Pameran Industri Sepeda Motor Milan (EICMA), kini sudah muncul isu baru. Merek kebanggaan warga Amerika Serikat (AS) itu dikabarkan ingin lebih merambah pasar sepeda motor entry level, dengan menyiapkan model berkapasitas 250-300 cc.
Kabar ini berembus dari India, di mana H-D membangun pabrik perakitan khusus untuk produk-produk berkapasitas sedan (500 cc dan 750 cc). Menurut dua sumber internal perusahaan yang dilansir Zigwheels, Rabu (13/11/2013), ikon sepeda motor ini mau menjual model dengan harga lebih terjangkau guna merangkul kerja sama intensif dari pemasok lokal.
Lokal
"Ini akan jadi model terbaru dari Harley-Davidson, dikembangkan intensif dengan produsen komponen India, dengan tingkat lokal tinggi guna menjaga daya saing ongkos produksi," ujar salah satu sumber.
Berbagai komponen yang disiapkan merupakan produk lokal, meliputi lampu depan, ban, peredam kejut, dan beberapa bagian lain. Sedangkan untuk mesin, transmisi, dan komponen syarat teknologi masih dipasok dari AS, termasuk desain otentik karya mereka. "Saat ini dalam pengembangan, tak ada batasan harga yang ditetapkan," lanjut sumber.
Siaga
Jika benar, maka berbagai merek seperti Bajaj Pulsar, Hero Karizma, Honda, Suzuki, atau Yamaha perlu siaga penuh. Pasalnya, merek yang dihadapinya kali ini bukan pemain baru, melainkan legenda dunia. "Sepeda motor ini ditargetkan dijual tahun depan dan diharap bisa mendongkrak volume penjualan pabrikan asal AS itu di India," lanjut si sumber.
Anoop Prakash, Direktur Pelaksana H-D India, ketika dikonfirmasi mengenai rumor ini memilih berkilah. "Harley-Davidson sudah menyatakan kalau strategi kami bukan untuk menyasar pada satu pasar sepeda motor spesifik. Kami belum punya produk itu dalam portofolio kami dan belum ada rencana. Komitmen perusahaan jelas menciptakan produk yang bisa mewujudkan impian konsumen di dunia," beber Anoop.
Sumber : Kompas
0 komentar :
Posting Komentar